20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon Lingkungan Hidup

Pemkot Ambon Mendukung HPSN 2018

Ambon, Ambontoday.com – Guna memberikan manfaat secara ekonomi dan memberikan kesehatan bagi masyarakt serta aman lingkungan, Pemerintah Kota Ambon secara resmi mendukung terlaksananya HariSampah Nasional Tahun 2018 dengan tema Sayangi Bumi Bersihkan Dari Sampah ,Bersihbisahko dan selamatkan Terubung Karang dari Sampah Plastik.Hal ini diungapkan Sekertaris Kota Ambon A.G.Latuherru saat di wawancarai Ambontoday.com di Tapal Kuda, Jumat (9/2/2018).

Latuheru mengatakan, Pemkot Ambon telah memiliki Undang-Undang (UU) Pengelolaan sampah sejak 10 tahun yang lalu, namun sampai saat ini masalah sampah masih menjadi persoalan yang begitu serius,di mana pengelolaan sampah masih belum begitu sesuai dengan metode dan teknit pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan.

Pada sisi lain, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, di kota Ambon memiliki partisipasi masyarakat seperti, Civil Society, Aktivis dan Komunitas terkait sampah dalam kaitannya dengan sampah, kebersihan serta kesehatan lingkungan.

“Sehubungan ini Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) menyampaikan banyak terimakasi dan penghargaan yang tinggi kepada para Aktivis,Komunitas dan masyarakat sereta instansi terkai yang di hadiri oleh sejumlah institusi lain seperti bakorkambla, tim sar, tim penyelam lantamal, polair polda maluku dan brimob poldam maluku,” ujarnya.

Untuk itu, diharpakan, lewat kegiatan ini sejumlah instansi bersama komunitas perlu membersihkan sampah di bumi Ambon manise.”Karena sampah bukan hanya dibersihkan di darat saja tapi pada semua pesisir pantai dan laut dengan kedalaman 5 Meter sekaligus membebaskan terumbu karang dari sampah-sampah plastik,” ungkapnya.

Dia mengakui, pelaksanaan hari peduli sampah nasional 2018 ini,akan dilaksanakan serangkaian kegiatan lainnya sepeperti sosoaliosasi kebijakan dan program pengelolaan sampah, pelaksanaan car free day tanpa sampah serta pelaksanan kampanye pilkada tanpa sampah.

“kita semua di tuntut untuk menjaga dan melestarikan bumi tempat dimana kita tinggal dan hidup sebagai warisan bagi anak cucu sekaligus mewujudkan Ambon bebas sampah di tahun 2019 mendatang,” kata Latuheru.

Lanjut Latuheru ,pemkot mengajak seluruh masyarakat agar mendukung program pemerintah tentang sampah karena sampah masih menjadi persoalan yang belum terpecahkan secara bersama.
“Masyarakat tidak membuang sampah sembarang apalagi di pantai dan laut, mari kita sama-sama menjaga agar lingkungan, pantai maupun laut tetap bersih,” tutupnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X