Birokrasi dan Pemerintahan Kab.MBD

Samapta Polres MBD Gelar Patroli Rutinitas Jelang Idul Fitri

Tiakur, ambontoday.com – Dalam rangka meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Personil Satuan Samapta Polres Maluku Barat Daya (MBD) melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan menggelar Patroli Subuh guna memantau aktifitas warga serta menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas di Kota Tiakur di bulan suci Ramadhan Sabtu, (1/4).

Pelaksanaan Patroli diawali dengan pelaksanaan apel personel di Mapolres Maluku Barat Daya guna menerima arahan dari pimpinan patroli terkait cara bertindak dan penentuan sasaran kegiatan patroli yang akan dilaksanakan serta langkah yang diambil apabila ditemukan adanya pelanggaran hukum yang dilakukan masyarakat yang berdampak pada terganggunya stabilitas kamtibmas.

“Dalam kegiatan patroli kali ini dipimpin oleh Bripka Barnabas Lelyemin bersama empat anggota Samanta, menggunakan lima unit Kendaraan Bermotor dengan sasaran seputaran Masjid Nurul iman Kalwedo dan pemukiman penduduk di Desa Wakarlely dan sekitarnya.

“Dalam berpatroli metode komunikasi dialogis dihugunakan saat berpapasan dengan masyarakat yang akan melakukan sholat subuh berjamaah di Masjid, hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat guna mentaati protokol kesehatan, selain itu memberikan himbauan kepada masyarakat non muslim untuk bertoleransi dengan menghormati saudara-saudara muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, tidak diperbolehkan mengkonsumsi minuman keras serta melakukan tindakan pelanggaran lainnya yang dapat menimbulkan keresahan warga,” ujar Kapolres AKBP Pulung Wietono, S.IK kepada ambontoday.com di Polres MBD Sabtu, (1/4).

Lanjut Kapolres, dalam pelaksanaan tugas patroli personel Satuan Samapta dituntut untuk selalu hadir disetiap kegiatan masyarakat sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, dengan hadirnya polisi maka warga akan merasa terayomi dan terlayani serta semakin mempererat hubungan antara masyarakat dengan Polri.

Kapolres menambahkan, kegiatan patroli yang dilakukan oleh personel Satuan Samapta Polres MBD disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang menghendaki hadirnya anggota Polri ditengah-tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk memberikan rasa aman dan tenteram serta menangkal segala bentuk ancaman dan gangguan yang dapat mempengaruhi stabilitas kamtibmas.

Baca Juga  Dandim 1507/Saumlaki Pimpin Upacara HUT Infanteri ke-74 di KKT

“ Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif pada wilayah hukum Polres MBD saat memasukki bulan suci Ramadhan, diperlukan peran serta personel Polres MBD dalam mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus memberikan pemahaman tentang konsep kamtibmas yang nyata dalam upaya menjaga Kamtibmas serta adanya peningkatan kwalitas pelayanan Polri kepada masyarakat,” tutup Kapolres. (AT/JW)

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X