Antisipasi Virus Corona, Bandara Pattimura Ambon Pasanv Alat Pemidai Suhu

Ambon, Ambontoday.com– Mengantisipasi beredarnya virus Corona di Kota Ambon, Bandara Pattimura Ambon memasang alat thermo scaneryang digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang. 

“Pemasangan alat thermo scanner ini merupakan langkah koordinasi dengan instansi terkait yakni Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP), dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan virus Corona yang masuk melalui pintu kedatangan,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Amiruddin Floreunsius kepada media di Ambon, (Senin, 27/1/2020).

Ia mengatakan, langkah pencegahan ini dilakukan bagi penumpnag domestik, karena Bandara Pattimura Ambon belum ada penerbangan internasional yang terjadwal ke Ambon. “Kita tetap antisipasi karena ada penerbangan dari Manado dan Denpasar,” akuinya.

Ia menjelasakan, mekanisme pemeriksaan alat ini, yakni bagi para penumpang yang terdeteksi suhu tubuhnya 38 derejat akan dibawa ke ruang isolasi KKP.

“Penumpang langsung dibawa kenraung isolasi KKP di bandara Pattimura Ambon untuk dilakukan pemeriksaan, dan jika terdeteksi akan dirujuk ke rumah sakit terkdekat yakni RSUD dr. Haulussy Ambon,” jelasnya.

Ia menambajkan, bukan hanya pemeriksaan bagi para penumpang pesawat domestik tapi juga bagi pesawat carter (sewa) dari luar. Lanjutnya, petugas ground handling akan memberitahukan KKP, dan pemeriksaan dilakukan bagi penumpang dan awak kabin di pesawat menggunakan alat thermo meter digital.

“Kita mengantisipasi penanganan dan penularan virus Corona di bandara Pattimura Ambon, kita selalu pantau setiap penumpang,” tandasnya. (AT-009)

author