BPS Maluku Gelar Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Timbang IHK dan NTP 2018

AMBON, Ambontoday.com– Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP) Tahun 2018, yang berlangsung di Kantor BPS Provinsi Maluku (Kamis, 30/1/2020).Hadir dalam kegiatan ini adalah seluruh intansi yang terkait.

“Badan Pusat Statistik selaku lembaga penyedia kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat dituntut untuk bisa menghasilkan serta menyediakan data secara cepat, tepat, dan berkualitas. Perubahan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang lebih dikenal dengan Inflasi atau Deflasi serta Nilai Tukar Petani (NTP),” kata Kepala Bagian Tata Usaha BPS Maluku, Johnny Ady Tuhumury wakili Plt Kepala BPS Provinsi Maluku, Ady Lumaksono.

Ia menyebutkan, NTP merupakan output yang dirilis oleh BPS setiap bulan berjalan. IHK menjadi salah satu indikator bagi pemerintah untuk melihat pertumbuhan ekonomi, perkembangan nilai uang, indeksasi upah atau gaji serta, asumsi APBN.

Sedangkan,  NTP dapat digunakan sebagai proxy indicator untuk melihat daya tukar produk pertanian yang dihasilkan oleh petani terhadap barang dan jasa yang dikonsumsinya.

“IHK sendiri merupakan output dari
Survei Statistik Harga Konsumen yang dilaksanakan oleh BPS setiap bulan di Kota-Kota. IHK, khusus untuk Maluku hanya di Kota Ambon dan Kota Tual,” akuinya.

Sementara NTP, merupakan output dari Survei Statistik Harga Perdesaan yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten se-Indonesia termasuk Maluku.

“Untuk menjaga relevansi dari IHK dan NTP, pola pembobotan dan paket komoditas barang dan jasa perlu diperbarui setiap lima tahun,” tandasnya. (AT-009)

author