Mei Mendatang Pemkot Kirim 15 TK Nurse Ke Australia

AMBON, Ambontoday.com- Dalam rapat terbatas Pemerintah Kota Ambon dengan Kementerian Perekonomian di Jakarta, bulan Mei 2020 mendatang Pemerintah Kota Ambon akan mengirimkan 15 Tenaga Kerja (TK) ke Australia untuk bekerja.

“Kementerian sudah memberikan kringligth kepada Pemerintah Kota Ambon untuk mengadakan kerja Sama dengan mengirimkan Tenaga Kerja (TK) Nurse,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada insan Pers saat konfrens bersama di Rauanga ULA di Balai Kota Ambon, (Rabu 22/1/2019).

Ia mengatakan, pihaknya mulai uji coba dengan 15 TK, setelah 80 yang mendafar dan lolos 15 sehingga terpilih.

“15 ini yang nanti kita akan kirim ke Australias dalam pengawasan pemerintah , dan ini menjadi pola pendekatan yang baru. Ini bukan TKI, tapi kerjasama resmi antara kota dan pelaku usaha di Australia untuk tindakan ini,”ucapnya.

Untuk itu, awal Februari 2020 mereka ini akan mengikuti pendalaman bahasa Inggris dengan standar Austarlia disertai dengan bagaimana Culture Australia yang akan mereka hadapi.

“Kalau ini sukses saya berharap ini bisa membuka pintu yang besar lagi kepada yang lain untuk ke Australia,” pungkasnya.

Ia mengungkapkan, pendapatannya cukup besar sekali, per tahun itu kurang lebih mengkaver sebanyak Rp.500.000,- juta dan potong pajak dengan total Rp.350.000,- Juta per tahun. “Kita buat kontrak dengan mereka selama 2 tahun, dan kalau misalnya tuan rumah merasa cocok maka bisa diperpanjang,”jelasnya.

Ia menambahkan, 15 TK Nurse ini akan melayani 3 tipe pekerjaan saat di Australia yakni baby center, disabilitas dan lansia. (AT-009)

author