Relokasi Benteng Victoria Siap Diserahkan Kepada Pemerintah Kota Ambon

AMBON, Ambontoday.com– Secara langsung Pemerintah Kota Ambon mendapatkan hak penuh untuk merelokasikan Markas TNI Angkatan Darat dari Gubernur Maluku saat pertemuan bersama beberapa hari lalu. Markas TNI AD yang berlokasi di Benteng Victoria yang merupakan cagar budaya nasional akan kami relokasikan.

“Saya minta untuk segera dillaksanakan dan tidak macam-macam lagi. Langsung asisten logistik diarahkan agar seluruh mekanisme segera disiapkan. Saya berharap dalam waktu dekat, ini bisa direalisir,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan putusan Gubernur Maluku kepada awak media saat konferensi Pers yang berlangsung di Ruangan ULA- Balai Kota Ambon, Rabu (22/1/2020).

Ia menjelaskan, atas persetujuan itu, lalu Pemerintah Kota Ambon mulai bergerak. Pergerakan yang pertama dilakukan yakni :pertama, pihaknya bertemu dengan Bappenas, dan mereka memberikan apresiasi yang luar biasa.

Namun, terdapat masalah karena relokasi pembebasan lahan ini belum masuk dalam RPJMN untuk 2020-2024, dan kita terlambat. Tetapi dari hasil pendekatan diskusi bersama, tidak tertutup ruang untuk masalah ini karena bisa dalam bentuk RKP 2019.

“Jadi Bapprnas juga meberikan ruang untuk itu, dan hari ini juga mereka rapat dengan Keuangan dan Bappeda dan dibicarakan secara serius,”ucapnya.

Kedua, pihaknya akan bertemu dengan Kementerian Pertahanan dan Keamanan, Menteri Pendidiakn dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata, Pimpinan DPRD, Komisi I, Panitia Anggaran. “Ini semua sudah terjadwalkan dan saya bersyukur karena diseport oleh TNI unutk percepatan ini,” akuinya.

Lanjutnya,pihaknya bersama Tim akan berkerja dalam waktu dekat untuk segera melihat langkah-langkah yang harus diambil. Dan Saya sudah meminta data dari Agraria terkait lokasi-lokasi yang ada diserkitar markas tersebut agar Tim kita dapat bekerja secara profesional untuk persiapan relokasi.

“Saya ras ini sebuah peristiwa yang langkah dan luar biasa. Persetujuan penyerah benteng itu sudah di terima dari Kasat dan tinggal adiministrasi saja sebagai persyaratan utnuk berproses lanjut dengan seluruh Kemeneterian terkait,” tandasnya. (AT-009)

author