Tamzir : Februari 2018 Ribuan Mahasiswa Akan Hadiri Kongres HMI di Ambon

Ambon, Ambontoday.com– Kembali Kota Ambon dipercayakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) seluruh Indonesia yang akan berlangsung bulan Februari 2018 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum HMI Indonesia, Mulyadi P Tamsir kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (11/1/2018).

Tamsir mengatakan, kongres HMI akan berlangsung pada tanggal 9-13 Februari 2018, dengan peserta yang terdiri dari HMI musyawarah nasional korps HMIwati 100 orang dan 500 orang secara resmi dan tidak resemi.

“Para peserta akan terlibat dalam 2 acara kongres HMI, yang mana peserta HMIwati adalah peserta resmi, tapi juga terdapat peserta diluar peserta resmi yang akan hadir. Jadi secara total sekitar 3000 orang akan hadiri Kongres HMI di Kota Ambon,” akuinya.

Dirinya mengakui, terpilihnya Kota Ambon sebagi tuan rumah merupakan wujud dari implementasi serta mempromosikan Ambon sebagai Kota damai, Kota toleransi dan kota ramah, semuanya ini terlihat karena adanya masyarakat yang takut mengunjungi kota Ambon.

“Kota Ambon dipercayakan sebagai tuan rumah oleh HMI untuk pertama kalinya menyelenggrakan kongres di Indonesia Timur selain Makassar, agar masyarakat yang lainnnya dapat berkunjung ke Kota Ambon tidak merasa takut lagi,” tutur Tamzir.

Dirinya mengungkapkan, dengan Ambon sebagai tuan rumah, maka pihaknya akan mengajak dan membuka seluruh pemikran dabn cara pandang masyarakat dan Pemerintah Indonesia untuk menjadikan Kota Ambon sebagai tolak ukur kemajuan suatu daerah khususnya yang ada di wilayah Timur Indonesia.

“Pola ini akan merubah seluruh mainset dari para pengunjung untuk lebih banyak mengunjungi Kota Ambon, sehingga Kota Ambon dapat dipromosikan dengan segalan kekayaan alam dan potensi yang dimiliki,” tambahnya.

Dirinya mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah Provinsi Maluku yang sangat mendukung pelaksanaan kegiatan dimaksud, sehinga HMI lebih berbenah diri untuk lebih bangkit menjadi organisasi besar dan jaya di Indonesia.

“Dengan tema Kongres HMI, “Mengkokohkan Kebangsaan, mewujudkan Indonesia Berkeadilan”, sehingga menjawab persolan toleransi yang semakin berkembang sekrang ini, sehingga semuanya dapat terselesaikan dengan penuh rasa kebersamaan anatar sesama dengan berpatokan dari Kota Ambon sebagai salah satu Kota Tolerenasi di Maluku,” jelas Tamzir.

Dirinya menjelaskan, sikap keadilan akan menjawab pembangunan yang terjadi di Indonesia sehingga berjalan dengan semestinya. Sebab, selama ini Indonesia Timur selalu tertinggal bagi dari sisi pembangunan dan lainnya. Oleh karena itu, ” dengan isu yang berkembang dapat terjawab dalam kongres tersebut, agar keadilan dan pembangunan kedepannya dapat terwujud,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Kongres HMI di Ambon diantaranya ; laporan pertanggung jawaban pengurus besar 2016-2018, rumusan agenda strategis, pemilihan pengurus baru dengan cara melilih ketua Umum, bakti sosial, bazaar dan kegiatan lainnya yang mendukung.

“Dengan seluruh kegiatan pendukung ini, saya mau katakan bahwa peserta yang akan datang jangan takut mengunjungi Kota Ambon, sebab masyarakat Kota Ambon sangat ramah, damai,” tandasnya. (AT-009)

author