1760 Siswa SMK Kota Ambon Ikut UN Kompetensi

Ambontoday.com. Ambon.- 18 SMK se-Kota Ambon mengikuti Ujian Nasional Kompetensi Kejuruan yang penyelenggaraannya dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang SMK dinas Pendidikan dan Kenudayaan Provinsi Maluku, Gatot Sihabudin atas nama Kepala Dinas.

Dalam samutan tertulis Kepala Dinas yang dibacakan Sihabudin menyatakan ucapan terima kasih kepada segenap orang tua wali murid yang sudah turut mendukung dan membantu terlaksananya kegiatan Ujian Nasional Kompetensi SMK tahun 2016/2017.

Dikatakan, Ujian Nasional Kompetensi adalah ukuran capaian kompetensi siswa pada mata pelajaran kejuruan dengan capaian nilai pada level tertentu sesuai standar kompetensi nasional (SKN).

Ujian nasional kompetensi SMK dilaksanakan oleh pelaksana Ujian Nasional tingkat provinsi dan satuan pendidikan atau sekolah masing-masing yang terakreditasi oleh lembaga sertifikasi profesi tingkat I, II dan III.

Namun pada dasarnya SMK di Maluku belum bisa melaksanakan pada tingkat satuan pendidikan dengan institusi pasangan. Hal itu nerupakan PR bagi Dinas Pendidikan dan lembaga pendidikan kejuruan di Maluku.

Menurut Sihabudin, hal ini akan menjadi prioritas program Bidang Kejuruan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang baru saja dipimpinnya, karena Bidang yang dipimpinnya adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk melakukan uji sertifikasi profesi.

Sihabudin berjanji akan meneruskan masalah ini kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditindaklanjuti.

Acara pembukaan Ujian Nasional Kompetensi SMK dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Ambon yang dihadiri oleh 18 SMK Negeri maupun swasta di kota Ambon sebanyak 1760 siswa, minus SMK Kesehatan Nusaniwe dikarenakan siswanya saat ini baru duduk di bangku kelas XI.

Dikatakan penguji UKK terdiri dari gabungan penguji internal maupun eksternal. Penguji internal adalah dari unsur guru produktif dengan pengalaman mengajar adalah 5 tahun sedangkan eksternal terdiri dari sumber daya manusia dari dunia industry, asodiasi profesi atau institusi pasangan yang memiliki latar belakang pendidikan kompetensi dan atau yang disebut Asesor dengan memiliki sertifikat kompetensi dan pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi.

author