Irwansyah : Kedepan Proses Lelang Jabatan Butuh Pengembangan

Ambon, Ambontoday.com – Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JTP) di Lingkup Penmerintah Kota Ambon yang telah berlangsung senin kemarin berjalan dengan baik. Hal ini diakui oleh Sekertaris Kota Ambon, A. G. Latuheru sekaligus Ketua Panitia Seleksi (Pansel) kepad awak media saat konferensi pers di Hotel Pasific, Selasa (20/2/2018).

Menururtnya, seleksi terbuka yang dimulai dengan kegiatan yang ditangani oleh Asesor, tiga orang Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melihat dan memantau seleksi terbuka tersebut.

Untuk itu, Dirinya berharap agar hasil dari Seleksi Terbuka JTP ini berlangsung sesuai dengan regulasi yang berlaku di negara ini dan berdasarkan hasil yang diberikan sendiri oleh para peserta.

Kesempatan yang sama Asisten Komunisioner Bidang Monitoring Evalusi KASN, Irwansyah mengatakan, selama dua hari berada di Kota Ambon guna mengawasi proses Selekssi Terbuka JTP di lingkup Pemerintah Kota Ambon berdasarkan UU Pasal 32.

Dirinya mengakui, kebetulan terdapat 12 JTP di Kota Ambon yang telah berproses untuk tahapan seleksi yang dimulai dari tahapan administrasi, makalah, uji komptensi atau asessment dan pemaparan pokok-pokok point rencana strategis dan wawancara. “Pelaksanaan Seleksi ini telah dilakuakn oleh Pansel sebanyak tujuuh orang,” ucapnya.

Menurutnya, Sejauh ini pihaknya melihat peoses ini cukup berjalan dengan baik, transparan. “Para peserta sangat antusias sehingga diharapkan tahapan ini tidak berhenti tetapi kedepannya hasil ini ada upaya untuk pengembangan,” harapnya.

Baginya, proses seleksi terbuka ini diarahkan untuk mencari orang -orang terbaik yang akan memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bagaiman mereka bisa mendukung kecapaian visi dan misi Pemerintah Daerah yang tertuang dalam RPJMD.

“Jadi bagian dari evaluasi akan kami sampaiakan dalam tahapan proses akhir, nanti walikota akan memilih satu nama dari tiga nama diberikan

Pansel. Dimana tugas Pansel melaksanakan tugasnya menyampaiakn 3 nama dan keputusan akhir ada di walikota karena kami hanya mengawasi prosesnya saja dan apabila terdapat hal-hal yang ganjal akan diberikan masukan kepada Pemerintah Kota,” jelasnya.

Lanjutnya menambahkan, proses seleksi sudah ada sampai tahapan akhir dan mungkin setelah ini Pansel akan melakukan rapat pleno untuk memutuskan dari 45 orang ini siapa tiga besar yang ada di 12 jabatan tersebut.

“Tiga nama itu sebelum ditetapkan oleh Walikota Ambon akan disampaikan oleh kami dalam bentuk yang lengkap dalam proses administrasi dan sebagainya, kira-kira paling lambat satu bulan sudah kita tahu siapa yang akan memimpin organisasi ini,” tutupnya. (AT-009)

author