Lomba Cipta Lagu Menyongsong Tour de Moluccas 2017 akan Digelar

Ambon, Ambontoday.com – Guna memeriahkan dan mempromosikan Tour de Moluccas, akan digelar Lomba Cipta Lagu bagi seluruh masyarakat yang berpartisiapasi dalam penyelenggaraan TdM. Kegiatan Tour de Moluccas akan berlangsung di Pulau Ambon dan Pulau Seram pada 18-22 September 2017 mendatang.

“Pada mulanya kami ingin menunjuk pengarang lagu tertentu untuk menciptakan theme song khusus untuk TdM 2017 ini, namun setelah dipertimbangkan, kami memutuskan theme song dilombakan. Karena pada umumnya masyarakat Maluku menyukai musik serta talenta yang dimiliki dapat dikembangkan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku H.Saimima sekaligus Sekretaris Umum Tour de Moluccas Tahun 2017.

Dikatakan, lomba cipta lagu Tour de Moluccas dibuka pendaftarannya sejak Februari sampai akhir April 2017. Oleh karena itu, peminat atau peserta dihimbaukan untuk mengirimkan karyanya ke Sekretariat Dinas Pariwisata Provinsi Maluku sebelum penutupan.

“Para pemenang tiga besar akan diumumkan pada awal Mei, sedangkan pemenang utama atau juara pertama akan dipilih sebagai Theme Song resmi Tour de Moluccas 2017,” terang Saimima.

Selain itu, pemenang tiga besar akan diberikan hadiah berupa uang dan piagam serta panitia juga akan memeberikan hadiah kepada seluruh peserta yang ikut berpartisipasi.

Ditambahkan, dengan tema lagu yang bernuansa ajakan, pujian dan ungkapan rasa bangga atas penyelenggaraan Tour de Moluccas sebagai salah satu kegiatan olahraga berbasis pariwisata sehingga dapat memperomosikan kepariwisataan Provinsi Maluku di dunia Internasional.

“Kiranya pencipta lagu dapat dmenciptakan lagu dengan nuan etnik dari khas Maluku yang enak didengar dan berirama pop sehingga dapat dimodifikasi dengan variasi irama lainnya,” harap Saimima

Lanjut Saimima menjelaskan bahwa sejumlah persyaratan dalam kategori lomba lainnya tidak dikenai biaya pendaftaran, peserta atau kelompok. Maka dengannya, setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya lagi yang asli dan belum pernah dilombakan, dengan durasi waktu 2-3 menit serta tidak mengandung SARA, pornografi dan diskriminatif.

Disisi lain, lagu yang diciptakan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik untuk dipadukan dwngan bahasa derah Maluku ataupun menggunakan Bahasa Inggris. Maka, lagu yang diciptakan dapat dinyanyikan dengan diiringi oleh alat musik sesuai kebutuhan lagu serta direkam dalam bentuk audio. (AT-009)

author