Atasi Kelangkaan Beras Di MBD Bulog Koordinasi Disperindag dan Ekbang

Ambontoday.com, Ambon.- Untuk mengatasi kelangkaan beras di Kabupaten Maluku Barat Daya(MBD) yang sudah terjadi dua bulan ini, pihak Divre Bulog Maluku dan Maluku telah telah berkoordinasi dengan Dinas Perindag Maluku, juga Biro Ekonomi Pembangunan guna mengambil langkah mengatasi kelangkaan beras di MBD.

Demikian penjelasan Kepala Drive Bulog Maluku dan Maluku Utara, Arif Mandu kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa (19/3/2019).

Menurutnya, ada beberapa langkah yang sudah diambil adalah operasi pasar, yang mana pihak Disperindag diminta untuk menunjuk distributor yang bisa mengambil beras langsung ke gudang yang terdekat yaitu di Saumlaki Kabupaten MBD .

Selain itu langkah yang diambil itu pihak Bulog menggunakan langkah Bansos yang mana koodinasi dengan Kasub Bulog yang ada di MTB untuk segera menyalurkan beras tanggap bencana .

Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan para Camat Sehingga pada saat bantuan datang Camat sudah siap untuk menyalurkan langsung, jelas Arif.

“Kalau memang di MBD terjadi bencana, seperti kekeringan atau gagal panen, maka bisa disalurkan Beras Bencana Alam yang mana masing-nasing kabupaten kota bisa mendapat beras 100 ton per tahun, namun Bupati harus menetapkan tanggap darurat dan menunjuk Dinas yang akan mengambil Beras Bencana Alam.

Bukan itu saja, menurutnya, Bupati harus memasukan surat permintaan langsung ke Bulog yang disertai data jumlah jiwa penerima bantuan beras bencana tersebut,” ungkapnya.

Sementara untuk alternatif jangka panjang, menurut Mandu, Bupati setempat harus bisa menyiapkan lahan untuk pembangunan gudang Bulog di kabupaten masing-masing, sehingga nantinya ada stok beras yang selalu tersedia di sana apabila ada bencana bisa langsung disalurkan. (AT008)

author