Dinas PU PR Gelar Raker SKPD Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku

Ambon, Ambontoday.com – Untuk meningkatkan kualaitas, program, pembangunan bidang perumahan dan permukiman melalui sinkronisasi dan ketajaman program kegiatan Pemerintah Provinsi dan Pemrintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku menggelar Rapat Kerja Forum SKPD Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2017, yang berlangsung selama dua hari di Marina Hotel.

Adapun peserta yang mengikuti rapat kerja SKPD dan Perumahan Permukiman Provinsi Maluku yakni SKPD lingkup Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Maluku, Bappeda se-Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, ungkap Ketua Panitia Pelaksana Afandy Hasanussy, Selasa (7/3/2017).

Dikatakan, lewat rapat kerja ini dapat menghasilkan kesepakatan bagi penyempurnaan rencana kerja di Dinas tersebut dengan baik.

Sementara itu, Sambutan Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengatakan, sebagai yang diamanatkan oleh UUD 1945 Pasal 28 bahwa setiap orang layak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapat perlindungan untuk hidup yang baik, sehat serta memperoleh pelayanan kesehatan.

“Atas dasar itulah, maka urusan perymahan dan permukiman ditetapkan menjadi salah satu urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar,” ungkap Sahuburua.

Terkait dengan pelayanan dasar, maka urusan ini harus terwadahi dalam suatu SKPD tersendiri, yang aejalan dengan visi dan Misi Gubernur dan Wagub tahun 2019 mendatang.

Dikatakan, dinas ini adalah dinas baru yang merupakan pecahan dari pada Dinas PU Provinsi Maluku. Oleh sebab itu, waluapun dinas ini baru, tapi orang-orang yang terlibat disini adalah orang -orang yang telah menguasai apa yang harus dilakukan sebagai warga negara dan bertanggung jawab terhadao bagsa ini kedepan.

Baginya, rumah adalah hal terpenting dalam sebuah keluarga. Maka, dari hasil survei yang dilakukan oleh BPS yaitu hasil survei sosial ekonomi nasional tahun 2015 menunjukan bahwa keadan rumah di Maluku yang beratap zenk sebanyak 82.5 persen, rumah yang berdinding tembok sebanyak 74.56 persen, berlantai semen sebanyak 47.92 persen, dan memiliki penerangan dari PLN sebanyak 81.41 persen dan rumah tangga yang menggunakan bahan baku minhak tanah sebanyak 31.06 persen.

“Data ini menandakan bahwa Provinsi Maluku masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu, kehadiran dinas ini untuk membuat suatu perancangan yang matang untuk meningkatkan kualitas hidup yang baik di Maluku,” paparnya

Lebih jauh Sahuburua menjelaskan, dari data diatas maka hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk merealisasikan program-program dengan baik.

“Saya percaya lewat rapat ini akan memberikan gambaran demi kepentingan kedepan dalam rangka mensejahterakan kehidupan bersama,” harap Sahuburua. (AT-009)

author