HIMAPEL KKT-Ambon,Dua Sisi;Drone Membantu Penyemprotan Disinfektan Dari Udara

Ambon-Ambon today.com-
Dikutip dari Detik News,Penyemprotan diinfeksitan terus di lakukan oleh Pemkot Jakarta Selatan di sejumlah ruang publik untuk mencegah virus Covid 19 (Corona).Penyemprotan di lakukan dengan menggunakan “drone” sebagai upaya pencegahan dan turut mendukung program pemerintah pusat dalam menangani dan memberantas virus Covid 19.

“Titik penyemprotan ini dilakukan di jalan protokol mulai SCBD sampai menuju ke Patung Pemuda,” ujar Lurah Senayan Kurnia Rita dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

kerjasama yang dilakukan antara TNI AU dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dalam upaya penyemprotan disinfektan menggunakan pesawat drone ini. Dua unit drone tipe Agras keluaran terbaru diuji coba dalam upaya pencegahan wabah COVID-19 dengan kapasitas drone yang bervariasi, antara 10 liter dan 16 liter cairan disinfektan. Diharapkan, penyemprotan disinfektan dengan drone ini akan menjangkau lokasi yang sulit dijangkau.

Dikesempatan yang sama, Basuki Rachmat Kepala Dinas Potensi Kedigantaraan TNI AU Marsma TNI  mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk membantu program Pemkot Jaksel mencegah mewabahnya Corona. Penyemprotan ini sendiri merupakan uji coba perdana dengan menggunakan drone.

Titik penyemprotan menggunakan drone
Selain Jakarta Selatan, penyemprotan menggunakan drone akan dilakukan di titik-titik lain seperti di Bundaran HI hingga kawasan Kota Tua.
Komunitas drone di Jakarta kiranya dapat membantu program pemerintah untuk menangani penurunan virus COVID-19.

Melihat langkah strategis yang di lakukan oleh Pemkot Jakarta selatan,Niko Saulahirwan Ketua Umum HIMAPEL KKT-Ambon,Menambahkan hal serupa yakni penggunaan “Drone” untuk penyemprotan disinfektan dapat menjangkau daerah yang sulit di jangkau di kota Ambon dalam memberantas virus Covid 19.Tentu ini merupakan hal yang lumayan sulit untuk di penuhi namun demi
menuntaskan progres kerja dari Pemprov provinsi maka mesti hal ini di uji cobakan di wilayah Maluku.
“Saya turut mengapresiasi langkah dan kebijakan Pemkot Ambon untuk penyemprotan disinfektan di dalam kota Ambon namun sangat di sayangkan bahwa masi banyak lokasi yang tidak sempat di jangkau misalkan lorong-lorong dan kompleks pemukiman warga yang jauh dari Jangkauan kendaraan roda empat. Saya berharap penyemprotan disinfektan di kota Ambon dan daerah lain dapat di lakukan secara merata.
lanjutnya Niko pun menyampaikan Pemprov Maluku dengan menyikapi penggunaan Drone yang di nilainya sangat efektif ini dapat menjadi referensi untuk mengakomodir setiap kepala Daerah di wilayah Maluku untuk melakukan pengadaan sehingga dapat di lakukan penyemprotan disifektan lewat udara tempat umum daerah masing-masing,Tandas Niko.

(AT/Paet)

author