Pertahankan Nilai Akreditasi Fakultas Hukum Lakukan Pembenahan Menyeluruh

Ambontoday.com. Ambon.- Setelah memperoleh nilai akreditasi A sejak Desember 2016 lalu, Fakultas Hukum, Universitas Pattimura Ambon terus melakukan pembenahan baik sistim perkuliahan sampai sarana dan fasilitas lain di lingkup Fakultas Hukum Unpati. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Hukum Unpati, Rorry Jeff Akyuwen SH. M.Hum kepada wartawan di gedung Fakultas Hukum Unpati.

Dikatakan, saat ini tengah dilakukan pembenahan berupa perbaikan fisik bangunan serta sejumlah sarana lain yang dianggap masih belum sesuai standar nilai akreditasi A, sementara untuk masalah pelayanan dan sistim perkuliahan juga dilakukan pembenahan, dimana saat ini pihak Fakultas Hukum Unpati sudah menerapkan sistim SMS Getway, untuk mempermudah mahasiswa memperoleh informasi Fakultas.

Menurutnya, sebelumnya sistim ini menggunakan jaringan internet sebagai pusat layanan, namun pada kenyataanya sejumlah mahasiswa ada yang tempat tinggalnya atau saat libur pulang ke kampung halaman dimana jaringan internet belum terjangkau tidak dapat mengikuti perkembangan informasi terkini dari Fakultas sehingga sistim ini dirubah dengan SMS Getway.

Dengan basis layanan SMS ini para mahasiswa bisa dengan mudah memperoleh informasi dan perkembangan terkini, karena walaupun mereka berada di kampung halaman yang belum terjangkau jaringan internet bisa memperoleh informasi melalui SMS.

Dirinya menjelaskan, diawal kepemimpinannya sebagai Dekan Fakultas Hukum, yang pertama dilakukan adalah penertiban administrasi dan pemuktahiran data SK dosen dan pegawai, sehingga seluruh data itu ketika dibutuhkan tidak lagi harus kembali ke rumah untuk mencari.

Selain itu, sistim pelayanan yang dilakukan saat ini adalah sistim pelayanan terbuka dimana baik Dekan maupun dosen saat ini hampir tidak melayani tamu maupun mahasiswa di ruang tertutup.

“Saat ini hampir setiap tamu maupun mahasiswa yang hendak berurusan dengan Dekan ataupun dosen sudah tidak di ruang tertutup lagi, karena kita sudah menata lantai satu ini dengan meja kursi untuk melayani keperluan baik tamu maupun mahasiswa. Ini dilakukan agar baik Dekan maupun dosen jangan hanya duduk-duduk diruang tertutup saja sehingga tida bisa memantau situasi sekitar Fakultas, dengan duduk di ruang terbuka ini akan mempermudah pelayanan serta mudah untuk memantau situasi dan perkembangan di dalam kampus,” papar Akyuwen.

Selain itu, lanjutnya, hal yang paling penting dilakukan adalah penegakan disiplin dikalangan Dosen, jadi saat ini disiplin bagi para dosen betul-betul ditegaskan sehingga tidak ada lagi dosen yang bermalas-malasan dalam kehadiran maupun pelaksanaan tugas utamanya. Kerjasama dengan sejumlah pihak terkait juga tengah ditingkatkan, dan yang baru saja dilakukan penandatanganan kerjasama adalah antara Fakultas Hukum Unpati dengan pihak PLN. (AT-008)

author