Warga Diminta Hati-Hati Ketika Meracik Hand Sanitizer

Ambon,Ambon today.com-dikutib dari Kompas.com. Dalam rangka mencegah dan menuntaskan penyebaran virus Covid 19 Corona maka sejumlah upayah di lakukan salah satunya adalah disifeksitan sebagai bahan yang ramuh untuk pensterilan.

“Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkap beberapa bahan untuk membuat hand sanitizer secara mandiri sesuai anjuran World Health Organization (WHO)”

Terkonfirmasi dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3). “Bahan-bahannya adalah ethanol 96 persen,gliserol 98%, hidrogen peroksida 3%, air steril atau aquades,” kata Wiku.

hand sanitizer memang bisa digunakan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Namun, ia mengingatkan penggunaan hand sanitizer tidak boleh berlebihan. Saat membuat hand sanitizer juga harus berhati-hati karena bahan-bahan tersebut mudah terbakar,jelas Wiku

“Harus berhati-hati karena mengandung bahan yang mudah terbakar utamanya bagi yang merokok atau sedang bekerja di dapur,” ucapnya.

Kendati demikian, Wiku menegaskan, cuci tangan dengan sabun adalah hal yang paling ampuh untuk mencegah Covid-19. “Apabila tidak ada opsi, gunakan hand sanitizer dengan bijak dan aman,”  Tandas Wiku. (AT/Paet)

author