BI Serahkan Bantuan APD Untuk Medis

No comment 61 views

Ambon, ambontoday.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku menyerahkan 120 paket bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang diperuntukan bagi para medis.

Bantuan tersebut diterima Ketua Harian Gugus Tugas (Gustu) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh di Ruang Rapat Kantor Gubernur Maluku, Rabu, (22/4).

Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Niviarsano Manulang mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) itu, untuk mendukung ketersediaan APD
tenaga medis maupun tenaga pendukung yang melakukan tugas di Rumah Sakit.

“Bantuan ini, merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia Dedikasi Untuk Negeri yang nantinya akan dipakai para tenaga medis Covid-19,” ungkap Manulang saat berbincang bersama Ketua Harian Gustu Percepatan dan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang.

Dikatakan, satu set APD terdiri dari penutup kepala, sarung tangan, baju hazmat, sepatu boot, kacamata googles dan masker.

“Konteksnya saat ini ketika wabah pandemi Covid-19 berlangsung, bisa dibilang salah satu dampaknya adalah fasilitas kesehatan jadi rebutan dan akhirnya ketersediaannya menjadi minim.
Disisi lain, tidak mudah mendapatkan fasilitas ini, sehingga kami melihat, tidak bisa hanya menggantungkan pemerintah saja yang bergerak, tapi kita, semua unsur yang ada di wilayah Maluku ini ikut mendukung,” kata Manullang.

Selain bantuan APD, KPw BI Provinsi Maluku bersama pihak
perbankan lainnya juga turut memberikan bantuan sosial berupa nasi bungkus bagi tukang ojek, tukang becak, penjual asongan dan sopir angkot.

Dirinya berharap keterlibatan semua pihak, baik lembaga maupun individual untuk bersama-sama saling membantu.

“Semoga lembaga maupun individual lainnya ikut tergerak untuk membantu, karena tidak mungkin masyarakat bisa bertahan dalam kondisi ekonomi seperti ini,” harapnya.

Atas dasar itu, kata Manullang, pihaknya bertekad untuk saling berbagi. Dan dedikasi untuk negeri ini telah dilakukan pihak KPw BI sejak dua bulan lalu.

“Harapannya, semoga hal seperti ini dapat kami lakukan dalam beberapa bulan kedepan, sambil melakukan evaluasi perihal pelaksanaannya. Apa perlu ditambah lagi atau seperti apa?” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gustu Percepatan dan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang mengaku, untuk saat ini, banyak para distributor memberikan APD, Rapid Test, dan fasilitas lainnya kepada Gustu Maluku.

“Saat ini, APD berupa Rapid Test dan lainnya sering diberikan para distributor dalam jumlah bervariasi. Singkatnya, kami tidak pernah bekerja sendirian dalam penanganan virus ini,” ungkap Kasrul.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku ini mengatakan, pihaknya melibatkan semua kalangan.

“Sebisanya kami libatkan. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas bantuan ini,” kata Kasrul.(AT/lamta/humas).

author