Implementasi UU 40 2007, Pertamina Papua-Maluku Rutin Kunjungi dan Bantu Sekolah

Ambontoday.com, Ambon.- Pertamina Regional MOR VIII Papua-Maluku Senin (22/5) pagi melaksanakan program Pertamina Mengajar pada SMA Negeri 6 Ambon yang merupakan salah satu program BUMN secara nasional  berdasarkan Undang-undang nomor 40 tahun 2007, yang mana penugasan kepada seluruh perseroan yang mengelola sumber daya alam.

Kepada wartawan usai pelaksanaan Pertamina mengajar, Manager CSR, Pertamina Regional MOR VIII Papua-Maluku, Syarifudin, kepada wartawan mengtakan, kehadiran Pertamina di SMA Negeri 6 Ambon dan sekolah-sekolah lainnya merupakan salah satu penugasan yang diberikan dari Kementerian BUMN  dalam rangka  BUMN Hadir Untuk Negeri, dan salah satunya Pertamina diberikan tugas mengajar di sekolah-sekolah pada masing-masing daerah operasional Pertamina yang ada di Indonesia.

Menurutnya, terkait program tersebut, untuk Maluku ada beberapa Kabupaten/Kota yang akan dikunjungi, diantaranya Depot Pertamina Regional MOR VIII Papua-Maluku yang ada di Tual dan Saumlaki juga akan dikunjungi.

“Sedangkan untuk  Kota Ambon ada beberapa sekolah yang sudah dikunjungi dan akan dikunjungi, kalau hari ini ada dua sekolah yang dikunjungi Pertamina, diantaranya SMP Lantera dan SMA Negeri 6 Ambon,” jelas Syarifudin.

Untuk Sekolah yang dikunjungi Pertamina dalam rangka program ini, ada pemberian bantuan, seperti yang baru diberikan kepada SMA Negeri 6 yaitu Laptop dan Printer, juga Pertamina akan membantu pembuatan Sumur Bor bagi sekolah dalam rangka mendukung program Adiwiyata.

Salah satu kriteria SMA Negeri 6 Ambon menjadi sekolah yang didatangi Pertamina adalah, sekolah ini pernah mendapat Juara II Sekolah Adiwiyata dan sekolah tersebut sangat strategis berdasarkan hasil penelusuran, paparnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Marketing Manager PT Pertamina Persero MOR VIII Papua-Maluku, Tiara T. Harisoesyanto, menjelaskan, untuk tahun 2017 program ini akan dilakukan sampai bulan Agustus.

“Program ini sebenarnya sudah berjalan sejak dua tahun lalu, dan setiap tahun agendanya sama. Untuk tahun 2017 ini akan dilakukan sampai batas akhir di bulan Agustus,” jelas Tiara.

Sebelumnya kepada wartawan Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Ambon, Ny. M.F. Sahureka M.Si kepada wartawan menjelaskan, kalau SMA Negeri 6 Ambon bernasib mujur didatangi oleh Pertamina Regional  MOR VIII Papua-Maluku.

Dengan adanya kunjungan yang dilakukan oleh Pertamina, dirinya berharap nantinya ada motivasi yang diberikan oleh Pertamina kepada siswa-siswa SMA Negeri 6 Ambon untuk memicu cara pikir siswa untuk tidak menganggap belajar adalah hal biasa.

“Dengan kehadiran Pertamina ini saya berharap agar para siswa bisa lebih memacu diri dan memberdayakan diri kedepan,” tuturnya. (AT008)

author