Hariani : 2019 Loka POM Akan Dibangun di Saumlaki

AMBON, Ambontoday.com – Direncanakan Tahun 2019 mendatang bangunan Loka Pengobatan Obat dan Makanan (POM) akan dibangun di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Badan POM Cabang Ambon, Hariani kepada awak media di Ambon beberapa hari lalu.

Ia mengakui, kebetulan Provinsi mendapatkan satu lahan di Kabupaten MTB yang nanti wilayah kerjanya di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

“Jadi ada dua kabupaten yang akan terlayani secara nasional sedangkan 9 kabupaten sisanya dilayani oleh Badan POM Cabang Ambon,” katanya.

Menurutnya, sementara ini belum ada petugas yang ditempatakan disana akrena memang direncanakan Juli mendatang sudah beroperasi. “Kita sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah setempat terkait pengajuan pinjalam lkahan dari Bupati MTB untuk pembangunan Loka POM di Saumlaki, jadi rencananya tahun depan baru kita membangun, ” paparnya.

Ia menambahkan, sayarat suatu daerah untuk menjadi Loka POM yakni dilihat dari luas wilayah, jumlah penduduk dan jumlah sarananya. Hal ini dilakukan karena, Badan POM Cabang Ambon agak sulit melayani dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dikumpulkanlah wilayah yang berdekat yaitu kabupaten MTB dan MBD.

Sedangkan, Lanjutnya, pembangunan Loka POM tersebut akan merekrut tenaga kesehatan dan guru yan direncanakan berkisar 7 sampai dengan 12 pegawai, karena dilihat dengan luas lahan sekitar 5000 Meter Persegi.

“Untuk penerimaan pegawainya kan belum karena sekarang penerimaan pegawai masih dalam potensi setempat saja,” tandasnya singkat. (AT-009)

author