Hutauruk : Diharapkan Masyarakat Dukung Sensus Penduduk 2020

Ambon, Ambontoday.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Dumanggar Hutauruk mengharapkan kerja sama yang ada dari masyarakat di Maluku songsong Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 mendatang.

Hal ini disampaikannya kepada awak media usai bertemua dengan Wakil Gubernur Maluku di Kantor Gubernur Maluku, Senin (17/6).

Ia mengakui, sampai sekarang ini sudah dilakukan persiapan-persiapan awal walaupun jangka waktunya masih lama.

“Kami sudah menyiapkan persiapan-persiapan yang sedini mungkin agar sampai saatnya proses sensus penduduk dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Ia mengakui, sensus penduduk yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun yang lalu.

“Sensus penduduk 2020 ini harus mengkompain apa yang ada di Disdukcapil dan BPS,” Akuinya.

Untuk itu, Ia mamgakui, disdukcapil sudah memiliki data yang lengkap seperti e-KTP yang menjadi dasar dan data-data tersebut juga akan di cek kembali oleh BPS Provinsi Maluku.

Untuk itu, bukan hanya BPS sendiri yang bekerja tapi masayarakat juga punya andil yang penting dalam sensus penduduk di tahun 2020 mendatang.

Selain itu, akan ada metode-metode yang dipakai yakni metode dengan menggunakan kertas, metode dengan menggunakan website.

“Kedua metode ini akan digunakan bagi masyarakat, dan bagi masyarakat yang memiliki web sendiri dapat digunakan,” paparnya. (AT-009)

author