KPw BI Maluku Gelar Deseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Triwulan Pertama Tahun 2018

AMBON, Ambontoday– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku menggelar Desiminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Triwulan 1 Tahun 2018, yang berlangsung di The Natsepa Hotel, Kamis (28/6).

Turut hadir dalam kegiatan dimaksud adalah Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Bambang Hermanto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Romelus Far Far dan peserta lainnya.

Kepala KPW BI Maluku, Bambang Pramasudi dalam sambutannya mengatakan, kesempatan kali ini, kegiatan desiminasinya agak berbeda dengan triwulan-triwulan sebelumnya, karena setiap triwulan selalu disajikan terkait perkembangan ekonomi dan perkembangan keuangan di Provinsi Maluku.

“Untuk kesempatan kali ini, kami menyiapkan kegiatan diskusi publik dengan tema mendorong investasi di sektor perikanan,” katanya .

Menurutnya, tema ini diambil karena upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang secara berkesinambungan dan berkualitas salah satu faktornya adalah melakukan peningkatan dengan investasi, dan mendorong ekspor.

“Sehingga investasi ini perlu kita dorong khususnya di Provinsi Maluku agar kedepan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi semakin bisa berkesinambungan, dan tentu diharapkan investasi ini multi pelayanan efeknya bisa semakin dirasakan dan juga meningkatkan kesejahteraan sekaligus mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Maluku,” paparnya.

Ia mengakui, tema yang diambil berdasarkan kenyataan yang ada di Maluku bahwa Maluku dilihat dari sisi BI sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) dengan potensi ikan yang luar biasa yaitu setiap tahunnya sekitar 3 juta ton, tapi yang baru dikelola sekitar 1,5 juta ton.

Untuk itu, pihaknya berharap adanya upaya untuk menarik investasi khususnya dis ektor pengelolaan ikan. (AT-009)

author