Sehatkan Konsumsi Masyarakat, Pemkot Gelar Festival Pangan Lokal B2SA Dan Lomba Masak Ikan

Ambon, Ambontoday.com– Guna menyesatkan konsumsi masyarakat dan mencegah stunting yang berkembang di Kota Ambon, Pemerintah Kota Ambon melalui Tim PKK bekerjasama dengan dinas perikanan dan dinas pertanian kota Ambon menggelar Festival Pangan Lokal B2SA dan lomba masak ikan di tingkat Kota Ambon, yang berlangsung di Aula PPN Tantui -Ambon, Kamis (27/6/2019).

Peserta yang ikut kegiatan ini berasal dari PKK di tingkat kecamatan se-Kota Ambon

Saat membaca sambutan Walikota Ambon, Asisten I Pemerintahan Kota Ambon, Mien Tupamahu mengatakan, pemenuhan pangan merupakan hak asasi setiap masyarakat. Masalah kelebihan gizi juga dapat mengakibatkan kegemukan yang dapat memicu awal penyakit jantung, diabetes dan asma.

“Pepres nomor 22 tahun 2019 tentang penganekaragaman konsumsi pangan untuk upaya memantapkan atau membudayakan pola konsumsi pangan yang seimbang serta aman dalam jumlah dan komposisi yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi untuk mendukung hidup sehat, aktif dan prosuktif,” akuinya.

Menurutnya, pengembangan pangan lokal mempunyai peranan yang strategi dalam upaya penganekaragaman konsumsi pangan di daerah, karena bahan baku pangan terswbut tersedia secara speaifik lokasi.

“Pangan lokal yang memiliki aneka ragam unsur sumber daya lokal dapat dijadikan sarana untuk mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dalam pemantapan ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Lanjutnya, secara gencar pemerintah melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan. “Upaya diversifikasi konsumsi pangan pangan dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangannya baik untuk jenia pangan sumber kabrohidrat, sumber protein, serta sumber vitamin dan mineral berdasarkan kearifan lokal,”jelasnya.

Selain itu, lomba ini juga dapat memberikan dampak yang segnifikan bagi perkembangan gizi serta dapat menunjang program gerakan makan ikan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan berbagai kreatifitas menu ikan.

“Memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam, dengan memanfaatkan hasil potensi alam di daerah, yang diproses menjadi bahan pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan serta membantu penambahan pendapatan rumah tangga,” harapnya. (Elis)

author