Delapan Kelurahan Dapat Bantuan Pada Program Kotaku

Ambon, Ambontoday.com – Sebanyak delapan kelurahan yang ada di kota Ambon mendapat bantuan pada program kotaku yang dilaksanakan oleh Bidang Kawasan Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon. Hal ini disampaikan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada program Kotaku, Hendrico Mataheru kepada Ambontoday.com di Balai Kota Ambon, Selasa (31/7/2018).

Menurutnya, pada program kotaku ada 11 kelurahan yang tercatat untuk mendapatkan bantuan tersebut. Namun, karena bahan yang belum cukup, pihaknya fokuskan untuk delapan kelurahan yang ada. “Ada sebelas kelurahan yang mendapatkan dana BDI tapi karena pipanya belum cukup untuk 11 kelurahan jadi kita jalankan untuk 8 kelurahan,” ujarnya.

Delapan kelurahan tersebut yakni, Kelurahan Benteng, Kelurahan Wainitu, Kelurahan Kudamati, Kelurahan Silale, Kelurahan Urimesing, Kelurahan Waihaong, Kelurahan Ahusen, dan Kelurahan Amantelu. “Dan untuk 8 kelurahan sudah dikontrak tapi ada persyaratan yang harus di penuhi adalah mereka harus bikin penguatan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dulu sebelum masyarakat kerja,” tuturnya.

Untuk pekerjaan akan dilakukan awal Agustus mendatang dan akan dilaksanakan setelah adanya sertifikasi para tukang. “Masalah satu penguatan KSM itu nanti ada sertifikat, tukang yang dalam waktu dekat nanti direncanakan akan dilaksanakan setelah sertifikasi tukang itu dilaksanakan baru pekerjaan fisik dimulai awal agustus kita sudah mulai kerja,” tambahnya.

Dikatakan, sertifikasi tukang yang dilakukan didasarkan pada SK Walikota Ambon yakni tukang yang di sertifikasi berasal dari 15 kelurahan yang ada di kota Ambon. “Sertifikasi tukang itu diambil dari kelompok-kelompok kerja yang ada di kelurahan, sesuai dengan SK Walikota, 15 Kelurahan yang ada di kota Ambon sesuai SK Kumuh, maksudnya apa supaya kualitas pekerjaan di masing -masing kelurahan itu terjaga,” terangnya.

Tak hanya itu, dana telah dicairkan sebanyak 70 persen pada tahap I dengan begitu pekerjaan fisik pada program Kotaku sehingga dapat dilaksanakan pada awal agustus. Untuk 30 persen dana tahap kedua akan diserahkan setelah pekerjaan fisik mencapai 50 persen.

“Jadi semua sudah siap mereka punya pencairan 70 persen tahap satu sudah untuk 8 kelurahan sisa sertifikasi tukang, awal agustus semua sudah berjalan dengan baik, tidak ada kendala yang kita dapatkan karena program ini bukan baru dijalankan tapi sudah dari tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya. (AT – 011).

author