Gubernur Resmi Lepas 1272 Calon Jamaa Haji Maluku

Ambon, Ambontoday.com – Gubernur Maluku Drs Irjen Pol Murad Ismail resmi melepas Calon Jamaah Haji (CJH) sebanyak 1.272 Tahun 1440 H / 2019 M. Dari jumlah Kota Kabupaten yang bernaung dibawah Provinsi Maluku Kini telah didatangi langsung oleh Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Maluku Fesal Musad yang juga membuka gelar acara pelepasan Jamaah Haji yang siap diberangkatkan pada tanggal 12-13 juli dengan menggunakan Lion Air menuju Kota Makasar dan akan bertolak dari embarkasi Haji Makasar Menuju Arab Saudi Secara bertahap.

“Seluruh CJH diberangkatkan ke Makasar, selanjutnya ke Tanah Meka akan diberangkatkan oleh panitia secara bertahap, itu aturan panitia” kata Gubernur.

Terkait delegasi tiap kabuoayen/kota, sudah ditetapkan pihak lementrian agama, sehingga juklisnya tinggal dieksekusi oleh Pemerintah setempat. Terkait kembalinya CJH ke tanah air juga akan diatur sesuai skejulnya.

“Mereka (CJH-red) akan kembali ke Tanah air pada tanggal 26-27 Agustus 2019 dengan bantuan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Sesuai keputusan Menteri Agama RI No 176 Tahun 2019 tentang penentuan penetapan Kota Haji Di Provinsi Maluku sebesar 1272 sesuai dengan perincian kota Ambon meliputi 365 Calon Jamaah Haji (CJH).
Sedangkan Kota Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sebanyak 189 CJH, Kalau untuk Maluku Tenggara 97 orang, Beralih ke Kota Tual 125 CJH, Sedangkan Seram Bagian Barat (SBB) 123, Seram Bagian Timur (SBT) 117, Lanjut lagi ke Kabupaten Buru 118, Sedangkan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sebesar 48, Kepulauwan Aru 66, Maluku Tenggara Barat, (MTB) 11, Dan yang terakhir Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) 5 Orang, sedangkan penambahan Tim Pemandu Daerah (TPD) jumlahnya 8 orang. “Jelas Murad

Dari jumlah Calon Jamaah Haji Tersebut ada terjadi kendala sebab satu Calon Jamaah Haji Asal Kota Ambon (CJH) Tutup Usia sedangkan bagi yang dua CJH lainnya Pending keberangkatan pada tahun ini.

“Dari kuota yang ada dua CJH melakukan pembatalan dan satunga meninggal dunia” singkat Gubernur.

“Saya menghimbau dan mengharapkan kepada seluruh Petugas agar selalu melayani mereka dengan baik sebagaimana menjaga Orang Tua Kandung sendiri, sebab kondisi Calon Jamaah Haji saat ini sangat butuh perawatan, kesehatan, serta doa dari kita semua agar mereka bisa pergi dan kembali ketanah Air dengan kondisi sehat Walafiath. Saya meminta dan mengharapkan juga kepada Seluruh Rakyat Maluku yg dimana saja berada agar bisa meluangkan sedikit waktu untuk mendoakan mereka Semoga mereka bisa menjadi Haji yang Mabrur. ” tutup Gubernur. (AT/halid)

author