Pemkot Ambon Gelar Lauching Inovasi Pelayanan Publik dan Bimbingan Teknis Laboratorium Inovasi Pelayan Publik

Ambon, ambontoday,com – Pemerintah Kota Ambon menggelar Lauching Inovasi Pelayanan Publik dan Bimbingan Teknis atas kerja sama Pemerintah Kota Ambon dengan Lembaga Administrasi Negara RI, yang berlangsung selama dua hari di Marina Hotel, Senin (24/7/2017).

Turut hadir dalam kegiatan dimaksud adalah Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Sekertaris Kota Ambon, A. G. Latuheru, Kepala Pusat Inovasi Pelayan Publik Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Erfi Muthmaina serta seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Walikota Ambon usai membuka kegiatan kepada awak media mengakui bahwa Salah satu jawaban untuk menjawab kebutuhan perubahan yang terjadi di Kota Ambon yakni dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Ambon setiap kalinya melaksanakan program inovasi .

“Kali ini kita melaunching 101 ide inovasi yang dilaksanakan oleh pemrintah Kota Ambon yang bekerjasama dengan LAN RI,” akui Louhenapessy di Marina Hotel

Selain itu, dengan kedatangan LAN sekaligus memberikan Bimbingan teknis terhadap bagaimana pentinganya kegiatan-kegiatan inovasi.

“Untuk mampu bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia, maka paling tidak langkah-langkah inovasi, kreatifitas maupun sikap yang dikehendaki Presiden Jokowi harus menjadi darah bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN),” tegasnya

Lanjut Louhenapessy mengakui bahwa setiap tahun program inovasi ini dilaksanakan untuk peningkatan kualitas Sumber daya Aparatur Sipil Negara.

“101 inovasi meruapakn seluruh ide yang ditungakan oleh seluruh SKPD di lingkup Pemeringah Kota Ambon,” akuinya.

Tambanya, ada juga program inovasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri yang terkait dengan tata pengelolan pemerintahan.

“Kita sudah melaksanakan itu, tapi tahun depan kita akan mengikuti lomba pada tingkat kementerian menyangkut kebijakan inovatif terkait tata pelaksanaan pemerintahan di Kota Ambon,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi Pelayan Publik LAN RI, Erfi Mutmainan menjelasakan, setelah kami melihat oerkembangan dari setiap Kota, telah ditemukan bahwa Pemerintahan Kota Ambon sangat luar niasa dwngan komintmen dari pimpinannya.

“Dimana bawahannya selalu mengawal kegiatan-kegiatan yang sifatnya inivatif untuk memajukan Kota Ambon,” akuinya.

Menurutnya, selain kota Ambon yang kami apresiasikan dalam program inovasinya, adapula Kabupaten Tulung Agung.

“Tulung Agung cepat sekali melakukan perubahan yang akan melakuak MoU dan pameran dalam tahun ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia dijelaskan bahwa bila diandingkan dengan kota lain sampai sekarang tidak mampu untuk membuat rwncana aksinya.

“Hal ini tidak bai, karen ahnya tanda tangam berupa dokumen namun pelaksanaannya tidak berjalan,” tandasnya. (AT-009)

author