Risakotta Resmi Gugat KPUD Kota Ambon Di MK

Jakarta, ambontoday.com – Panca kontalasi politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakya Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPRD Kabupaten /Kota yang diselenggarakan serempak se-Indonesia.

Berakhir pada tingkat rekapitulasi sampai pada putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada seluruh tingkatan, hasil putusan KPU berunjuk pada gugatan ke Makahma Konstitusi (MK) bagi partai politik yang mengikuti konstalasi.

Steven Risakotta lalaki berdarah Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon Provinsi Maluku, Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Ambon asal Partai Berkarya, merasa dirugikan pada hasil putusan oleh penyelenggara dari tingkat PPK hingga KPU, sehingga beliau menempu jalur MK.

“Hari ini melalui kuasa hukum saya, sudah kami lakukan proses sidang pertama dengan agenda penyampaian pendahuluan, dan sanggahan pihak komisioner KPU tanggal 16 Juli 2019” kata Risakotta.

Penyampaian pendahuluan, urai pengusaha muda ini, telah dimasukan sejumlah bukti autentik terkait prlanggaran – pelanggaran administrasi pemilu yang dilakukan pihak KPUD kota ambon.

“Kami telah masukan seluruh bukti terkait pelanggaran administrasi pemilu yang diduga dilakukan pihak penyelenggara, diantaranya, ketidak akomodiran rekomendasi PSU yang diorbitkan Panwascab serta sejumlah catatan khusus panwascab dan saksi parpol yang tertera pada blangko DA2-KPU dan DB2-KPU, juga bukti – bukti lainnya” urai pengusaha muda asal Latuhalat ini.

Dari berkas gugatan yang telah dimasukan ke MK Risakotta beroptimis pihak MK akan mengabulkan permohonan kuasa hukumnya terkait berbagai pelanggara administrasi yang dilakukan pihak penyelenggara KPUD kota ambon.

“Saya sangat beroptimis kita akan menang di MK nanti, biar terjawab sudah proses penyelenggara yang mengedepankan unsur keadilan dalam berpolitik pada proses pemilu, baik untuk masyarakat juga peserta pemilu” optimus Risakotta. (AT/lamta)

author