20 Perusahaan Ikut Pameran Job Fair

No comment 95 views

Ambon, Ambontoday.com – Sebanyak 20 perusahaan mengikuti pameran Job Fair atau kesempatan kerja, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Tenaga Kerja, yang berlangsung di Pattimura Park, Rabu (14/8/2019).

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan,pameran kesempatan kerja dilaksanakan dalam upaya untuk penyerapan dan pemberian informasi kepada pekerja. Ada beberapa komponen yang saling menguntungkan dan diuntungan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut, yakni memberikan informasi penting kepada masyarakat .

“Pemerintah sebagai kepanjangan tangan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan para pencari keadilan khususnya mencari pekerjaan, untuk memperoleh informasi yang akurat tentang peluang pekerjaan yang bisa diperoleh mencari pekerjaan. Kegiatan ini bisa kita mendapat informasi yang akurat kira-kira bagimana ruang dan peluang yang bisa kita manfaatkan untuk memperoleh pekerjaan atau informasi lain tentang peluang kesempatan kerja,”kata Louhenapessy.

Selain itu, komponen lainnya adalah para pengusaha mendapatkan kesempatan untuk mendapat informasi tentang tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Kegiatan ini sangat membantu untuk perekonomian di Kota Ambon, karena Kota ini makin hari makin maju. Sebagai ibukota provinsi Maluku kota ini akan semakin penting peluang-peluang akan semakin terbuka dengan keberhasilan sektor pembangunan dimana-mana yang semakin baik, yang artinya akan banyak peluang kerja dan akan menggairahkan para investor juga datang baik dalam negeri maupun luar negeri untuk lima tahun kedepan,”jelasnya.

Ia menambahkan, kedepan Kota Ambon akan mengalami masalah tenaga kerja sehingga tenaga kerja harus bisa mempunyai skill. Tak hanya itu, dirinya berharap kegiatan ini bisa dilakukan setiap semester, bukan setahun sekali.

Sementara itu, dalam laporan ketua panitia Carolina Silooy mengatakan, kegiatan pameran kesempatan kerja, dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 14 hingga 15 Agustus dengan melibatkan 20 perusahaan dengan jumlah pekerja sebanyak 370 orang.

“Dalam kegiatan ini turut berpartisipasi sebanyak 5 perusahaan swasta keluar negeri dengan informal dan formal sebanyak 140. Dan juga melibatkan balai pelatihan kerja Ambon yang akan membuka pendaftaran untuk tahun 2020,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, maksud dari diselenggarakan pameran ini adalah sebagai salah satu fungsi layanan antar kerja.
“Pengangguran merupakan masalah serius yang dihadapi, tingginya pengganguran akan lambatnya perekonomian sehingga harus diatasi dengan baik,”katanya. (AT/elis)

author