BPOM Ajak Gemil Cerdas Memilih Kosmetik Aman

AMBON, Ambontoday.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Ambon mengadakan Talk Show untuk mengajakan para generasi milenial (Gemil) untuk cerdas dalam memilih kosmetik sehingga aman untuk digunakan. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Santika Ambon, Selasa (13/8/2019).

Talk Show tersebut menghadirkan Narasumber dari Deputi Bidang Pangawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmestik RI Mayagustina Andarini.

Mayagustina Andarini kepada awak media mengatakan, acara yang dilaksanakan oleh BPOM ini bersifat KIE yang langsung mengedukasi masyarakat khususnya bagi genari muda yang sering berbelanja di online.

“Genarasi muda atau milenial menjadi sasaran dari talk show ini agar uang yang dikeluarkan sepadan dengan apa yang didapatkan oleh mereka,” katanya.

Dirinya mengakui, tujuan dari pada dilaksanakan Talk Show ini kepada generasi milenial karena temuan BPOM pada tahun 2018 sebnayak Rp. 128 Miliar berupa kosmetik ilegal. “Selama ini kita melakukan pengawasan hanya pri dan pro sampling di Laboratorium, maka kita selalu menjemput bola untuk memberikan pencerahan kepada genarasi muda, sehingga mereka tahu dan mengerti apa yang dijual di online itu aman dan legal,” cetus Andarini.

Untuk itu, lanjutnya Talk show ini juga dapat meberikan trik-trik untuk bagaimana memilih kosmetik dengan baik, yaitu tadi ada ceklik, kemasan lebel, izin edar dan kadalwarsa. ” Proses dapat dilakukan di handphone dengan cara download ceklik untuk mengatahui penjualan online itu sudah terdaftar atau belum, dan segara laporkan apabila mengalami hal- hal negatif,” paparnya.

Andarini menambahkan, omset yang didapatkan oleh para penjual kosmetik secara online adalh cukup besar, sehingga dapat disalah gunakan oleh para pelaku usaha. Untuk itu, diharapkan bagi generasi milenial untuk dapat mengupdate selalu informasi melalui media sosial yang ada sehingga mereka tahu dan sadar bahwa kecantikan itu perlu tapi harus dibarengi dengan sesuatu yang halal dan baik.

“Informasi yang diketahui tidak hanya berhenti pada diri sendiri akan tetapi dapat disebarluaskan kepada lingkungan, keluarga sehingga yang lainnya dapat menerima manfaat ini secara bersama-sama,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Kota Ambon, Hariani menjelaskan, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian BPOM terhadap masyarakat untuk tetap mengarahkan anak muda di kota Ambon agar lebih paham dalam memilih kosmetik apalagi secara online, sekaligus mangantisipasi anak muda agar tidak berbelanja kosmetik yang legal dan tidak memenuhi standar.

“Kita berikan pengetahuan, bagaimana cara melihat registernya, memilih kosmetik yang aman, legalitas dari sebuah produk kosmetik,” akui Hariani.

Menurutnya, BPOM tidak dapat berjalan sendiri, karena itu yang utama adalah generasi muda harus memilih kosmetik yang benar-benar legal. (AT-009)

author