RL Terpilih Secara Aklamasi Memimpin Wilayah VI Apeksi di Indonesia

Ternate, ambontoday,com – Terpilihnya Walikota Ambon, Richard Louhenapessy secara aklamasi sebagai ketua wilayah VI Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) di seluruh Indonesia pada Musyawarah Komisariat Wilayah VI, yang berlangsung di Hotel Grand Dafam, Kota Ternate (31/7/2017).

Sebelumnya telah diprediksi bahwa Walikota Ambon akan menjadi Ketua wilayah VI menggantikan ketua sebelumnya yakni Walikota Gorontalo, H. Marten Taha, yang sekarang menjabat sebagai Pembina Apeksi Wilayah VI.

Maka itu, untuk periode 2017-2020, Kota Ambon yakni Walikota Ambon, Richard Louhenapessy akan memimpin 16 Kota yang ada di bagian Timur Indonesia.

16 Kota yang ada di bagian Timur Indonesia diantaranya ; Wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Setelah terpilih secara aklamasi dan menjadi formatur tunggal untuk menyusun kepengurusan baru, mereka langsung dilantik oleh Ketua Umum Apeksi sekaligus Walikota Tangetang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Selain itu, Komposisi pengurus periode 2017-2020 akan dibantu oleh dua orang wakil ketua yakno Walikota Bitung, Walikota Tidore Kepulauan dengan beranggotakan 14 Walikota lainnya.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan, ada satu keunggulan dari anggota apeksi di wilayah VI yang harus tetap dijaga dan dipertahankan yakni semangat kebersamaan.

Louhenapessy berjanji untuk selalu mingkatkan keharmonisan yang sudah tercipta serta meningkatkan komunikasi secara lebih intensif, agar Kota-kota di wilayaj Timur tidak tertinggal jauh dengan kota yang ada di wilayah barat.

‘’Kita di timur harus maju sejajar dengan barat, ini akan bias terlaksana jika kita terus memumpuk kerjasama dan meningkatkan keharmonisan yang sudah tercipta selama ini,’’ paparnya.

Diakui, Pihaknya akan memberikan perhatian khusus kepada dua kota yakni Jayapura dan Kotamubagu yang masih terbelit – belit dengan persoalan internal.

“Kedepan, kerjasama yang konkrit harus kita lakukan dimana saling membantu antara satu kota dengan lainnya,” harap Louhenapessy. (AT-009)

author