150 Peserta Ikut Kuliah Umum

No comment 79 views

AMBON, Ambontoday.com– Sebanyak 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura mengikuti kuliah umum, yang berlangsung di Ambon, Rabu (18/9/2019).

Kuliah umum ini digagas oleh Direktorat Penelitian Kebijakan dan Pengaturan EPK di Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan.

Adapun tujuan dari kuliah umum ini adalah memperkenalkan OJK dan industri jasa keuangan, meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep edukasi dan perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Direktur Penelitian Kebijakan dan Pengaturan EPK, Rela Ginting sebagai nara sumber.

Dalam sambutan Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku yang dibacakan oleh Setyo Hariono mengatakan, pihaknya membuka akses bagi konsumen, mahasiswa dan masyarakat untuk memberikan, meminta dan melakukan pengaduan terhadap permasalahan terkait PUJK.

“OJK menyediakan perangkat dan mekanisme untuk melayani konsumen yang dirugikan oleh PUJK serta memfasilitasi penyelesaian masalah tersebut,” akuinya.

Ia menjelaskan, bila terbukti permasalah ada, maka secara langsung PUJK dapat meminta kerugian kepada konsumen.

“PUJK dapat menerima sanksi administratif terbukti melakukan pelanggaran terhadap ketentuan terkait Perlindungan Konsumen. Sehingga PUJK akan terdorong untuk terus-menerus memberikan produk atau layanan yang mengedepankan kepentingan konsumen,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan kuliah umum ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta terlebih khusus mahasiswa sehingga menggunakan industri jasa keuangan dengan baik.

“Kedepannya kami akan melakukan kuliah ini yang lebih besar lagi , sehingga pemahaman konsumen dan terlebih khusus mahasiswa bisa menggunkan industri jasa keuangan secara baik guna tidak adanya kerugian yang dialami,” tandasnya. (AT-009)

author