Prodi Teknik Produksi Migas Poltek Ambon Mulai Jalan 11 September, 15 Mahasiswa Anak Asli Daerah

Ambontoday.com, Ambon.- Program Pendidikan (Prodi) baru yang dibuka Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) di Universitas Patimura Ambon dan Politeknik (Poltek) Negeri Ambon dalam rangka menunjang eksplorasi Blok Masela kedepan siap eksis untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal.
Ini ditandai dengan dimulainya aktivitas perkuliahaan baik di Unpati maupun Politeknik Negeri Ambon secara bersamaan pada Senin 11 September 2017 nanti.
Kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (8/9) Pembantu Direktur I Bidang Akademik, Politeknik Negeri Ambon, Ir. Juliaus Buyang,ST. MT mengatakan, mulai hari Senin nanti aktivitas perkuliahan untuk Prodi baru di Poltek Ambon itu mulai jalan.
“Mulai hari senin tanggal 11 September 2017 aktifitas perkuliahaan Prodi baru Teknik Produksi Migas untuk Diploma 4 di Poltek Ambon mulai jalan. Hal ini berdasarkan SK Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi tentang ijin pembukaan program studi Teknik Produksi Migas nomor 437/KPT/1/2017,” jelas Buyang.
Dikatakan, sebagai langkah awal pembukaan Prodi Baru ini, hanya 15 orang mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahaan Prodi Teknik Produksi Migas. Ke-15 orang ini tentu merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu dimana ada sebanyak 54 orang yang mengikuti tes.
“Ada sebanyak 54 orang yang mendaftar mengikuti tes seleksi, dari 54 orang tersebut hanya 15 orang dengan nilai terbaik yang lolos sebagai mahasiswa pertama di Prodi baru ini,” ungkapnya.
Dikatakan, ke-15 orang mahasiswa baru untuk Prodi Teknik Produksi Migas ini seluruhnya merupakan anak asli daerah Maluku, dan berasal dari beberapa sekolah di Ambon.
Untuk menunjang aktifitas perkuliahan Prodi baru ini, khusus untuk tenaga pengajar itu diambil dari Unpati dan Sekolah Tinggi Energi Mineral (STIM) dari Cepu, paparnya.
“Tenaga dosen yang akan mengajar pada Prodi Baru ini berasal dari Unpati 2 orang, 3 tenaga dosen dari STIM Cepu dan sisanya dari dosen Poltek Negeri Ambon. Untuk mata kuliah Pendidikan Agama dan Kewarganegaraan diisi oleh Dosen Poltek Ambon, untuk Fisika Dasar dan Matematika Dasar dari Dosen Unpati dan untuk mata kuliah Geologi Fisik Dinamik, Pengantar Teknik Produksi dan Pengantar Teknik Pengeboran tenaga dosennya berasal dari STIM Cepu,” jelas Pudir 1 Poltek Ambon.
Dirinya menambahkan, untuk biaya kuliah dari 15 mahasiswa tersebut ditangung oleh pemerintah dalam hal ini Kemenristek Dikti.
Dirinya berharap, 15 orang mahasiswa awal pada Prodi Baru penunjang Blok Masela ini dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Harus tekun dan giat dalam belajar maupun mengikuti seluruh aktifitas perkuliahan sehingga sebagaimana awal masuk jumlahnya 15 orang, sampai akhir pun tetap 15 orang, harap Buyang. (AT008)

author