Pulau Oki Mulai Diminati Investor Jakarta

Namrole, ambontoday.com – Pulau Oki yang letaknya berdekatan dengan Desa Oki Baru dan Oki Lama, Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mulai dilirik oleh investor karena merupakan salah satu objek wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bursel, Amelia Solissa kepada ambontoday.com Minggu (22/9/2019) memngaku bahwa sudah ada investor dari Jakartayang berminat untuk berinvestasi di pulau yang ditumbuhi hutan lebat dan pasir putih panjang yang menghiasi pantai, serta taman laut yang sangat indah itu. Terlebih lagi Pulau Oki ini merupakan lokasi yang cocok untuk wisatan yang memiliki hobi menyelam atau diving.
“Sudah ada investopr dari Jakarta yang berminat untuk berinvestasi di Pulau Oki,” kata Solissa.
Namun, siapa investor itu, Solissa mengaku belum bisa dipublikasi identitas atau perusahaannya.
“Mereka belum mau ekspos, tetapi mereka sudah bersedia memang,” terangnya.
Lanjutnya, untuk memastikan investor tersebut tetap akan berinvestasi di Pulau Oki, maka pihaknya akan mempersiapkan master plannya.
“Belum, jadi kita harus buat master plannya dahulu, karena kita belum buat master plannya. Memang mereka sudah berniat. Bahkan, dari Dinas Pariwisata Provinsi Maluku juga sudah nyatakan sikap bahwa ada investor juga mau di dorong kesini juga,” ucapnya.
Selain itu, kata Solissa, rentang kenfdali proses pengurusan izin untuk berinvestasi di Kabupaten Bursel pun haruslah dipermudah dan diperpendek sehingga tidak nantinya menjadi penghambat.
“Mereka mau, tapi kita siapkan semua-semua dahulu baru mereka bergerak. Karena disini juga mesti perpendek izin. Karena izin untuk membangun disini terlalu berteleh-teleh dan panjang. Jadi, sementara ini pemerintah daerah sementara mempertimbangkan untuk memperpendek proses pengurusan izin untuk berinvestasi di Bursel,” ujarnya.
Dilain sisi, pihak investor pun sementara berupaya untuk mempersiapkan semua hal terkait dengan pemenuhan syarat terkait dengan pengurusan izin yang harus mereka kantongi.
“Memang rentan kendali untuk proses pengurusan izin itu yang terlalu panjang jadi mereka juga sementara bekerja untuk itu,” katanya.
Solissa menjelaskan, bahwa untuk berinvestasi di Pulau Oki, investor sudah bersediauntuk membangun berbagai fasilitas dan akan mengelolanya bersama masyarakat disana dan akan memberlakukan system bagi hasil.
“Mereka akan bangun dari awal sampai dan mereka kelola sendiri dengan masyarakat disana baru bagi hasil dengan masyarakat disana dan kita Pemda sedikit saja, paling PAD,” jelasnya.
Tambahnya, untuk Pulau Oki maupun Pantai Pulau Oki yang akan menjadi bagian dari akses ke Pulau Oki telah dihibahkan oleh masyarakat setempat kapada Pemda Bursel karena kedasaran mereka akan potensi wisata di lokasi itu yang dirasa sebagai primadona wisata yang layak untuk dekembangkan.
“Pulau Oki dan Oki Baru punya pantai itu sudah hibah dari masyarakat karena mereka pingin juga agar banyak potensi yang bisa dikembangkan,” jelasnya.
Lanjutnya lagi, jika nantinya bisa dikelola secara baik oleh Investor dan masyarakat setempat, maka diharapkan Pulau tersebut akan semakin diminati untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara. Sebab, akses untuk sampai ke lokasi tersebut kian memuaskan.
“Itu perencanaan kedepan karena aksebilitas jalan dan lainnya kedepan sudah bagus,” tuturnya.
Untuk diketahui, Pulau Oki kian dikenal oleh wisatawan lokal, domestik maupun internasional karena banyak dipromosikan oleh Anggota DPRD Bursel Sami Latbual.
Langkah yang dilakukan oleh Latbual untuk mempromosikan Pulau Oki sebagai sebuah lokasi wisata tersebut bukan main-main. Dalam berbagai kesempatan luang, Latbual sering mengajak berbagai pihak untuk berkunjung langsung ke Pulau Oki untuk menikmati keindahan pulau tersebut, termasuk pula membawa sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Burseluntuk berkunjung ke Pulau Oki, dengan maksud agar bisa dipromosikan lebih maksimal.
Hasilnya, potensi wisata ini pun kian dilirik untuk dikembangkan oleh Pemkab Bursel maupun investor. Bahkan, saat ini pun potensi wisata ini sudah semakin diminati untuk dikunjungi.
Untuk diketahui, untuk tiba di Pulau Oki, semua wisatawan dapat menempuh perjalanan dari Kota Namrole kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan darat dan tiba di Desa Oki Baru, setiap wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Oki dengan menggunakan body jomson dengan jarak tempuh antara 10-15 menit saja. Disana, setiap pengunjung dapat menikmati secara langsung keindahan Pulau Oki tersebut secara bebas.
Tak hanya itu, lokasi pantai Pulau Oki maupun dasar laut sekitar Pulau Oki pun memiliki keindahan yang fastastis bagi setiaop wisatawan yang memiliki hoby menyelam atau diving. (AT/elvis)

author