APBD 2020, Akomodir Kerusakan Pasca Gempa Di Kota Ambon

Ambon, ambontoday.com –  Seusai meninjau beberapa fasilitas kantor dan pasar milik Pemerintah Kota Ambon yang mengalami kerusakan akibat gempa beberapa waktu lalu, di kawasan Passo, Komisi III DPRD Kota Ambon berupaya agar anggaran perbaikan dapat dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) Kota Ambon Tahun 2020 nanti.
Kepada wartawan di ruang Komisi III, Kamis (31/10) Ketua Komisi, Jhony Wattimena menjelaskan berdasarkan hasil tinjauan lapangan komisi melihat ada beberapa bangunan perkantoran mengalami kerusakan dengan tingkat bervariasi.
“Ada yang rusak berat, sedang dan ringan”, jelas Wattimena.
Untuk itu, Komisi III akan berkoordinasi dengan Komisi I yang punya kemitraaan kerja dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar memperhatikan hal tersebut.
” Prinsipnya Komisi III mendorong percepatan pemulihan infrastruktur yang rusak akibat gempa, termasuk perkantoran dan pasar dimasukan dalam APBD 2020, “cetus dia.
Lanjut Ketua Fraksi Gerindra ini hal ini bertujuan agar proses pelayanan publik dari OPD yang terkena dampak bisa bekerja dengan baik dan para pegawai dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal kembali.
Sementara itu, disela-sela kunjungan Wakil Ketua Komisi III, Gunawan Mochtar mengatakan penyebab rusaknya bangunan diakibatkan konstruksi bangunan yang tidak sesuai.
Dirinya menyontohkan penggunaan material pasir yang tidak sesuai dengan Rincian Anggaran Belanja (RAB).
Untuk dirinya meminta kepada Pemerintah Kota Ambon agar memperhatikan hal tersebut terutama pengawasan saat pelaksanaan proyek, agar tidak terjadi seperti hal yang serupa.(AT/Patrick)

author