Bambang Hermanto : MES Maluku Terinspirasi Dengan Potensi Negeri Binaan

Ambon, ambontoday,com – Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah yang baru dilantik sangat terinspirasi dengan Potensi yang dimiliki oleh kedua negeri Binaan yaitu Mamala dan Morela. Pengukuhan PW MES adalah bagian dari rangkaian dari Kegiatan Pekan Ekonomi Syariah Tahun 2017 yang terlaksanan atas kerjasama Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, MES, IAIN Ambon, Universtitas Darusalam Ambon Ambonese Youth Moslem Community (AYMC) dan pengurus HJM Ekonomi Syariah IAIN Ambon.

“Kolaborasi ini membuat kami yakin sebagai langkah awal yang mampu menjadi pijakan kuat dalam upaya membumikan ekonomi syariah di Negeri raja-raja,” kata Kepala Kantor OJK Maluku di Aula IAIN Ambon, Selasa (24/10/2017).

Dikatakan, terbentuknmya pengurus ini tidak mudah, namun sinergi ini akan memicu langkah-langkah besar lainnya di kemudian hari. Oleh karena itu, untuk mencapai satu kondisi, yang mana ekonomi Islam telah menjadi katalisator dalam pembangunan perekonomian Indonesia yang membuktikan bahwa konsep ekonomi Islma adalah rahmatan lil alamin.

“Pengukuhan MES bukan sekedar wacana , tapi harus ada langkah nyata yang dilakukan. Oleh karena itu, dengan penandatangan nota kesepahaman sebagai landasan kerjasama dalam merealisasikan penyelenggaraan pengelolaan wakaf tunai yang diinisiasi oleh PW MES Provinsi Maluku dengan menggandeng Baitul Mall Hidayatullah sebagai Nadzir dan Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri dan Panin Dubai Syariah sebagai Lembanga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU),” Ungkapnya.

Diakui, sebagai salah satu program kerja PW MES Provinsi Maluku yang baru dilantik, dengan bidang pemeberdayaan masyarakat dan bisnis syariah, akan dilaksanakan pula MoU antara MES Provinsi Maluku bersama IAIN Ambon dan Universitas Darusalam Ambon dalam program negeri binaan.

“Tujuan MoU ini sebagai landasan kerjasama dalam merealisasikan penyelenggaraan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Negeri Mamala dan Morela, dua desa ini diberkahi dengan berbagai potensi alam dan budaya,” paparnya.

Dia berharap, potensi dari dua negeri binaan ini akan semakin tereksploitasi dengan baik melalui sinergi antara MES dengan IAIN Ambon dan Unidar yang berkompeten di bidang pendidikan dan penelitian. (AT-009)

author