Sosialisasi Penyediaan Barang Jasa Guna Mendukung Blok Abadi  Masela

Saumlaki, ambontoday.com – Sosialisasi penyedia barang dan jasa yang dilakuan oleh Inpex untuk Vendor/ pengusaha setempat di BPU saumlaki KKT propinsi Maluku, 16 Oktober 2019.
Kegiatan sosialisasi tersebut adalah memberitahukan akan ada kegiatan-Kegiatan survei untuk mendukung proyek LNG Abadi seperti metocea survey, Offshore G&G survey dan Onshore G&G survey, yang melibatkan aktivitas pengeraha banyak orang serta aktivitas lainnya yang signifikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam waktu dekat. Dan hal ini membituhkan dukungan vendor/pengusaha setempat kepada Kontraktor dari INPEX yang menjadi pelaksana survey tersebut.

Tujuan dari Survei-survei tersebut adalah pengambilan Data di lapangan untuk mengukur cuaca, iklim dan gelombang, sampling sifat, kekuatan dan Stabilas Tanah.

Kegiatan survey Inpex membutuhkan dukungan dalam beberapa hal diantaranya adalah lahan (membersihkan ilalang, semak-semak untuk membuat jalur jalan)
– Jasa Storage/penyimpanan
– Jasa catering/makanan & minuman
– Jasa penyewaan generator
– Jasa akomodasi
– Jasa sewa mobil
– Jasa sewa kapal kecil
– Jasa suplai BBM, stasioner, Suplay pantrias, PPE ( Personal Prtective Eguipment), bahan makanan, air bersih
– Personnel dari pihak ketiga-tidak lansung ke INPEX seperti Satpam, jasa porter, jasa guide setempat, penjinak binatang
– Jasa Kurir, Costum clearance dan jasa logistik.

Cara Vendor Tanimbar berpartisipasi dikegiatan survey secara umum, prosesnya sebagai berikut, INPEX akan memilih satu kontraktor pelaksana untuk satu survey dari beberapa calon kontraktor melalui proses tender. Para calon kontraktor ini akan menghubungi bapak/ibu dari vendor setempat di Tanimbar untuk menjajaki kerjasama dalam hal jasa yang bisa disediakan oleh vendor setempat sesuai kebutuhan.
Setelah sala satu kontraktor dinyatakan sebagai pemenang tender untuk menjadi pelaksana survei, maka pemenang tender tersebut akan berkerja sama dengan pengusaha setempat sesuai kebutuhan dan sesuai kesepakatan kerjasama kedua belah pihak.

Selanjutnya Data tentang vendor Tanimbar diperoleh dari data Dinas PM. PTSP saumlaki.
Dan jika ada yang belum terdaftar, Inpex menyerhkan untuk mendafterkan ke PTSP saumlaki sehingga memudahkan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegjatan yang INPEX lakukan. Kegiatan survey dilakukan selama enam sampai delapan bula.

Dalam proses menuju tahapan EPC/Konstruksi LNG darat, ada di inpex akan melakukan Sosialisasi lanjutan yang akan dinformasikan lebih lanjut. Secara umum, akan dilakukan program pengembangan untuk vendor/pengusaha setempat tantang berbagai aspek terkait K3L, hukum, teknis, dan lain-lain.

Selanjutnya setelah INPEX mendapatkan persetujuan revisi POD saat ini, INPEX berada dalam tahapan FEED (Desain Detail). Dan produksi dijadwalkan pada paruh kedua dasawarsa 2020 an.

Pembuatan program pengembangan untuk vendor setempat ini menjadi relevan dilakukan karena proyek LNG Darat abadi resmi dilakukan usai revisi POD disetujui oleh Pemerintah bulan juli 2019. (AT/meky)

author