Wawali Kukuhkan Sekolah Siaga Kependudukan

AMBON, Ambontoday.com– Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler secara langsung mengkukuhkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), yang berlangsung di Lapangan Pattimura Park, Rabu (23/10/2019).

Menurutnya, secara umum SKK adalah mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana kedalam beberapa mata pelajaran sebagai pendalaman materi pembelajaran.

“Didalam SSK terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan, dan mampu mengintegraiskan isu kependudukan dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum Tahun 2013,” akuinya.

Ia mengakui, pembentukan SSK ini terlepas dari upaya pemerintah dalam menyikapi akan datangnya bonus demografi di Indonesia pada Tahun 2020 hingga 2035 mendatang.

“Diharapkan SSK dapat membubuhkan kesadaran dari pada kependudukan di wilayah tempat tinggal siswa untuk bertanggung jawab, dan perilaku adaktif yang berkaitan dengan dinamika kependudukan yang kita hadapi,” katanya.

Ia berharap, adanya sekolah siaga kependudukan (SKK) dapat meningkatkan kualitas peserta didik khususnya pada bidang kependudukan dan siap menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.

“Perlu saya ingatkan kepada para remaja bahwa di era keterbukaan informasi dan majunya teknologi media informasi ini, kalian tidak boleh terpengaruh dan tergiur oleh materi media yang nilai- nilainya jauh dari hal yang positif tapi membawa dan menjerumuskan kita kepada hal yang negatif, serta ikutnya budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai -nilai kepribadian bangsa ini,” tandasnya.

Lanjutnya, semua siswa dapat manfaatkan internet dan media sosial untuk belajar dan menggali ilmu pengetahuan yang mencerdaskan dan dapat membantu pembelajaran di sekolah masing masing. (AT-009)

author