BPOM Ambon Gelar Sosialisasi Rintisan SAKA POM

AMBON, Ambontoday.com– Guna meningkatkan efektivitas pengawasan, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon menggelar rintisan sosialisasi Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (SAKA POM) Provinsi Maluku, yang berlangsung di The cIty Hotel, Kamis (7/11/2019).

Sosialisasi Rintisan SAKA POM ini dihadiri oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku, Jacob Patty dan 6 Kwarcab (Kwartir Cabang) se-kabupaten/kota di Maluku.

“Ini merupakan salah satu kerja sama yang kita buat dengan gerakan pramuka di 11 kabupaten/kota se-Maluku,” kata Kepala BPOM Ambon, Hariani.

Ia mengakui, salah satu program yang seperti ini sudah pernah dilakukan yakni
Gerakan Keamanan Pangan Desa, ini juga merupakan pemberdayaan
masyarakat. “Sekarang kita sudah masuk ke Pramuka, jadi kita
menjalin komunikasi untuk membentuk SAKA POM,” akuinya.

Secara khusus di Provinsi Maluku pada Agustus kemarin telah dilaksanakan MoU. Dan memang untuk pembentukan SAKA POM ini harus ada dukungan mininal 30 persen dari Kwarcab (Kwartir Cabang di Kabupaten/kota se-Maluku.

“Dengan adanya dukungan dari Kwarcab se-Maluku sehingga SKA POM ini dapat dibentuk di tingkat Provinsi Maluku, serta nanti adanya Kwuarnas,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pada prinsipnya pembentukan SAKA POM akan dilaksanakan dengan 3 kegiatan pokok (KRIDA) yakni ; pengujian kimia maupun biologi sederhana; pemantauan penandaan obat dan makanan; informasi obat dan makanan.

“Dalam Krida pertama, secara sederhana menggunakan tes KIT seperti Moplim pangan siap saji. Krida kedua, penandaan bagi obat dan makanan dengan diberi lebel. Krida ketiga, di krida ini para anggota SAKA POM bisa melakukan edukasi ke sekolah dan peserta pramsuka yang lebih junior,” tuturnya.

Ia menambahkan, nantinta SAKA POM ini dibentuk kepengurusannya, yang dimulai daei anggota Kwarcab, BPOM, Organisasi Profesi, Ikatan Apoteker Indonesia.
“Jadi SAKA POM ini bukan saja asal- asalan organisasinya, tetapi merupakan suatu organisasi yang membantu pemerintah dalam hal pengawasan obat dan makanan di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku, Jacob Patty mengakui, pihaknya sangat mendukung apa yang diusulkan oleh BPOM

“kita akan bentuk SAKA POM di masing masing Kwarcab sehingga menjadi penentuan bagi daerah Malaku, sehingga akan disampaiakan ke pusat dan dapat dilaksanakan pada Munas,”katanya. (AT-009)

author