Kalah..!!! Watimena dan Tisera Tak Hadiri Sidang Constatering yang Diajukan Alfons, Pemilik Sah Dati Kate-kate

Ambontoday.com, Ambon.- Pelaksanaan sidang Constatering atau pencocokan objek eksekusi yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Ambon atas permohonan eksekusi yang diajukan Keluarga Alfons pada Rabu 13 November 2019, tidak dihadiri oleh pihak-pihak yang kalah (termohon eksekusi) antara lain, Julius Watimena, Hein Johanis Tisera, Tony Kusdiantoro, Rosdiati Nahumarury. Sementara pihak Kantor Pertanahan Kota Ambon ikut hadir.

Berdasarkan surat penetapan nomor 15/pen.PDT/Constatering /2019/PN.Amb_ Jo nomor 62/Pdt.G/2015/PN.Amb_ Pengadilan Negeri Ambon mengeluarkan surat permohonan pencocokan (Constatering) nomor 25/KA.ML/PE/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 untuk melakukan pencocokan objek seluas 99,963 M  persegi.

Kepada wartawan usai sidang Constatering Rabu 13/11/2019 ketua Tim Juru sita pengadilan Negeri Ambon kelas 1A, Notje Leasa menjelaskan, ketidak hadiran pihak-yang kalah tersebut adalah hak mereka.

“Pengadilan Negeri Ambon jauh-jauh hari sudah menyurati pihak-pihak untuk melaksanakan pencocokan objek, jadi kalau mereka tidak datang ini sah kegiatan ini tetap sah secara hukum,” ungkap Leasa.

Ia menambahkan kalau langkah selanjutnya mereka akan membuat berita acara Constatering yang akan diusulkan kepada ketua PN Ambon hasil Constatering, dan hasil Constatering nantinya ketua PN akan mengambil langkah untuk eksekusi.

Sementara itu, Evans Reynold Alfons, usai sidang Constatering di kediamannya kepada wartawan menyampaikan, para pihak yang kalah dalam putusan dan tidak menghadiri sidang constatering itu hak mereka, namun secara resmi hal itu sudah diberitahukan kepada mereka sehingga kagiatan hari ini sah menurut hukum.

“Jadi tadi yang hadir itu Cuma pihak pertanahan kota ambon dan yang dilakukan oleh pertanahan tadi adalah ploting objek eksekusi sesuai dengan sertipikat nomor 354 dan pecahannya,” jelas Alfons.

Dikatakannya, tindak lanjut dari eksekusi ini akan dilakukan dalam waktu dekat. “Yang pasti bagi keluarga Alfons bahwa objek sengketa dalam hal ini sertpikat 354 itu berada di dalam Dati Kate Kate, dan pihak yang lain jangan merasa senang bahwa berada di luar objek eksekusi karena mereka tinggal di dalam Dati Kate Kate berarti pasti akan terkena dampak eksekusi juga terkhusus jemaat Kesia, karena berada dalam Dati Kate kate yang merupakan milik keluarga Alfons yang sudah dimenangkan di pengadilan,” ungkap Evans.

Dirinya menyampaikan, bagi para termohon eksekusi dalam hal ini Julianus Watimena dan Hein Johanis Tisera yang kalah dalam pengadilan tentu putusan perdata yang memenangkan Alfons ada konsekuensinya yaitu menimbulkan pidana. AT008

author