Pembahasan Anggaran di DPRD Kota Marathon, Begini Jawaban Mailoa

Ambon,  ambontoday.com – Berdasarkan penetapan agenda DPRD Kota Ambon, saat ini para wakil rakyat sementara membahas Rincian Anggaran Belanja (RAB) terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Ambon Tahun 2020 pada masing-masing Komisi.
Pembahasannya terkesan terburu-buru serta marathon yang tentunya berdampak pada efektifnya pengawasan anggaran.
Bagaimana tidak ! Saat pembahasan sudah berlangsung ternyata masih ada Dinas atau mitra terkait Komisi yang baru memasukan RAB, bahkan ada juga yang baru difotocopy.
Tentunya para wakil rakyat akan kesulitan untuk menelusuri setiap item anggaran, apalagi huruf yang digunakan dalam lampiran RAB sangat kecil.
Menjawab persoalan dimaksud, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Gerald Mailoa menjelaskan bukan persoalan bahwa Dinas – Dinas di lingkup Pemkot Ambon tidak siap, tetapi DPRD lebih awal menginformasikan waktu pembahasan kepada Pemkot Ambon karena dirasa perlu agar pembahasan anggaran berakhir sebelum batas waktu yang ditentukan sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri.
“Untuk metode pelaksanaan pembahasan anggaran sesuai Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 mewajibkan agar batas akhir pada 30 November ini, ” jelas Mailoa.
Ketua DPD PDIP Kota Ambon ini menegaskan, pembahasan di Komisi bisa efektif kendati RKA baru diterima saat mulai rapat, karena secara prinsip yang dibahas hanya komponen teknis.
“Nanti secara detail tuntas pembahasannya ada di Badan Anggaran,” cetus Mailoa.
Setelah selesai di Komisi, lanjut dia, DPRD Kota Ambon akan lanjut di Badan Anggaran bersama TAPD Kota Ambon. Diprediksikan penetapan APBD akan berlangsung pada minggu terakhir bulan ini.
Untuk itu dirinya sangat optimis kalau pentahapan pembahasan akan selesai sesuai dengan jadwal yang ditentukan. (AT/atick)

author