Tomia Rebut Rekomendasi Golkar Sebagai Calkada Bursel

Namrole, ambontoday.com – Ternyata masih ada Calon Kepala Daerah (Calkada) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang tertarik untuk memperebutkan persetujuan Partai Golkar.
Buktinya, setelah tidak ada Calkada yang mengambil formulir di Sekretariat Tim Penjaringan DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel, Kamis (31/10/2019), ternyata pada Jumat (1/11) kembali ada Calkada yang memerlukan timnya untuk dapat menerima pendaftaran, menurut Calon Bupati Sahlan Tomia.
“Hari ini yang datang ambilformulir Calon Bupati Bursel, Sahlan Tomia yang diwakili oleh Rusdi Isan dan diterima oleh saya selaku Ketua Tim Penjaringan serta Sekretaris Tim Penjaringan Yomes Hukunala dan Bendahara Tim Penjaringan Jamin Ngidihu,” kata Ketua Tim Penjaringan DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel Sunardi Gura Mamulati kepada wartawan di Namrole, Jumat (1/11).
Dengan diambilnya formulir pendaftaran oleh Sahlan Tomia, maka sudah terdaftar Calkada yang diambil pendaftaran di Partai Golkar sebanyak 20 orang Calkada.
“Bakal Calon Bupati 14 orang dan Wakil Bupati 6 orang. Jadi, sudah ada 20 orang yang ambil Formulir, ”urai Mamulati.
Mamulati pun mengakui bahwa Bakal Calon Bupati, Julianus Seleky yang sebelumnya telah menyetujui untuk menerima pendaftaran pada hari Kamis (31/10/2019), ternyata belum mengambil timnya untuk mengambil hingga Jumat (1/11).
“LO dari Pa Nus sampai tutup pukul 18.00 WIT belum datang, tetapi Tim Penjaringan masih menunggu semua para Bakal Calon untuk bersiap-siap sampai batas terakhir menanti tanggal 2 November 2019 pukul 18.00 WIT,” ucapnya.
Untuk diketahui, sejak dibukanya penjaringan di DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel, sebanyak 19 Calkada yang telah menerima pendaftaran, yang terdiri dari pasangan Bahtiar La Galeb – Sami Latbual (BISA) yang menerima pendaftaran, Rabu (30/10/2019).
Kemudian di hari Selasa (29/10/2019) sejumlah Calkada yang mengambil pendaftaran yang terdiri dari pasangan Faisal Amin Souwakil – Saul Tasane (SOLTAN), Syahroel AE Pawa – Akfons Lesnussa. Selanjutnya, Abdul Mutalib Laitupa (AMAL) sebagai Calon Bupati, serta Nickolaus Nurlatu, Frans NT Kuara, dan Gerson Selsily Calon Wakil Bupati.
Sementara untuk hari pertama, Senin (28/10/2019) sebanyak Calkada yang telah menerima pendaftaran terdiri dari Darti Masrudin Solissa, Safitri Malik Soulisa, Hadji Ali, Musa Souwakil, Abdurahman Soulisa, Idrus Wally, Elissa Lesnussa, Saiful Loilatu, Muhammad Mukaddar.
Mamulati menjelaskan bahwa DPD II Kabupaten Golkar Bursel disetujui pendaftaran tanggal 28 Oktober hingga tanggal 10 November 2019.
“Kami mulai dari tanggal 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan Ditutup pada 10 November bertepatan dengan hari Pahlawan. Jadi dari tanggal 28 Oktober sampai tanggal 2 November, saat pengambilan formulir pendaftaran dan kemudian tanggal 5 hingga tanggal 10 November, itulah persiapan pendaftaran calon, ”teranganya.
Dijelaskan, berdasarkan Juklak dari DPP Partai Golkar harus ada LHKPN sebagai salah satu persyaratan bagi calon kepala daerah yang ingin menerima diri di Partai Golkar.
“Sampai hari ini pendaftaran di Golkar gratis dan tanpa mahar, hanya bisa sesuai juklak dari DPP itu untuk calon yang ingin mendaftar di Partai Golkar harus menerima LHKPN, minimal ada surat tanda terima dari KPK “Masalahnya dengan keuangan atau masalah korupsi,” ucapnya.
Selain itu, tanggal mengambil dan memindahkan berkas calon, Mamulati menuturkan akan ada sesi atau panel yang disusun oleh Partai Golkar yang diperlukan digunakan untuk mendapatkan calon kepala daerah agar dapat diakses visi dan misi calon.
“Sesuai hasil pleno terbuka itu akan disipakan panel untuk penyampaian visi misi dari kandidat. Dan akan disesuaikan dengan jadwal dari DPD saya karena mereka dari DPD saya harus hadir dalam penyampaian visi misi tersebut. Jadwalnya sementara ditunggu dari DPD I Partai Golkar, yang jelas setelah tanggal 10 itu akan kami umumkan, ”tutupnya. (AT / elvis)

author