GUBERNUR MALUKU RAIH KADIN AWARD 2019

NUSA DUA, ambontoday.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail, meraih penghargaan Kadin Award 2019 dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dalam acara Rapimnas Kadin 2019 di BICC The Westin Nusa Dua, Bali, Jumat (28/11).

Penyerahan anugerah Kadin Awards 2019 kategori Gubernur/Kepala Pemerintahan Provinsi Terbaik, dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, disaksikan Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin. Murad yang berhalangan hadir karena baru tiba di Jakarta dari lawatannya di luar negeri, akhirnya diwakili oleh Ketua Umum Kadin Provinsi Maluku, Sam Latuconsina.

“Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang dinilai ikut memajukan dunia usaha dan menjalin kerja sama yang konstruktif dengan Kadin di daerahnya untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” kata Sam melalui sambungan ponsel, Jumat (29/11).

Salah satu apresiasi Kadin kepada Murad, kata Sam, karena dirinya dianggap memiliki andil cukup besar dalam mengaktifkan kembali organisasi para pelaku usaha ini di daerah Maluku.

“Kadin di Maluku secara organisasi awalnya mengalami kevakuman hampir dua tahun, namun setelah Pak Murad dilantik menjadi Gubernur, beliau lantas berkoordinasi dan memiliki kontribusi sangat besar untuk menghidupkan kembali Kadin Maluku,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Murad juga dinilai memiliki keberpihakan yang kuat pada para pelaku usaha lokal di daerah. “Salah satu komitmen pak Murad adalah setiap investasi yang masuk ke Maluku harus menggandeng pengusaha lokal,” tandasnya.

Dalam acara Rapimnas Kadin 2019 ini, selain menjadi ajang konsolidasi organisasi, juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan diantaranya penandatanganan MoU dan penganugerahan penghargaan (award) kepada berbagai pemangku kepentingan, dalam rangka merajut jaringan kerjasama yang saling menunjang dan menjamin terpeliharanya hubungan kerja yang harmonis dan produktif.

Peraih Kadin Awards terdiri dari pelaku usaha dari berbagai sektor jenis usaha, seperti BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Koperasi hingga para Kepala Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Para pemenang Kadin Awards dari wilayah barat antara lain Gubernur Nangroe Aceh Darusalam Nova Iriansyah, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Wilayah tengah diraih Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sedangkan wilayah timur diraih Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Para pimpinan daerah lainnya yang menerima penghargaan antara lain Walikota Makassar Muhammad Iqbal Samad Suhaeb, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Kuningan Acep Purnama, dan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani, menyampaikan, Kadin sebagai organisasi para pelaku usaha dan mitra strategis pemerintah, selalu berupaya untuk meningkatkan fungsi dan perannya.

“Peran utama Kadin sendiri adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, dan juga meningkatkan kemampuan dunia usaha sebagai pelaku ekonomi yang handal.
Untuk mencapai tujuan itu, Kadin akan terus membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan semua pemangku kepentingan,” jelasnya.

Rapimnas Kadin yang berlangsung selama dua hari yakni 28 hingga 29 November 2019 ini juga diramaikan dengan rangkaian acara pendukung diantaranya Kadin Bali Golf Tournament, Gala Dinner di Kediaman Gubernur Bali, Tur Bounty Nusa Lembongan Day Cruise, Pameran produk UKM, Perbankan dan Karya Seni Penyandang Disabilitas. (AT/lamta/humas)

author