Pemkot Gelar Rakor Perencanaan DD 2019

Ambon, Ambontoday.com – Pemerintah Kota Ambon menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Dana Desa 2019 dan diikuti oleh 120 peserta. Kegiatan tersebut digelar oleh Pemerintah Kota melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AM) Kota Ambon, yang berlangsung di Hotel Marina-Ambon, Selasa (11/12/2018).

“120 peserta yang hadir terdiri dari Kepala Desa, Raja, Pejabat Desa/Negeri, Ketua Saniri dan Pendamping Desa,” kata Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Semmy Akyuwen dalam laporannya.

Tujuan dari kegiatan ini, diakui oleh Akyuwen, untuk mengkoordinasi rencana kerja desa, dan membantu terwujudnya sinkronisasi pembangunan antara Pemerintah Desa/Negeri.

Selain itu, peningkatan efektivitas dana desa dan alokasi dana desa bagi kesejahteraan masyarakat desa di kota Ambon.

Selain itu, Sekertaris Kota Ambon, A. G. Latuheru dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan negeri dan desa merupakan bagian integral yang holistic dari sistim perencanaan pembangunan daerah yang mengindikasikan arah kebijakan pusat perlu dijabarkan lebih rinci dalam arah kebijakan dan program di daerah.

Oleh karena itu, terdapat beberapa kata kunci untuk mekanisme perencanaan pembangunan desa/negeri yaitu, penyelarasan arah kebijakan pembangunan kabupaten/kota dalam rangka penyusunan RPJMdes, percematan Pagu indikatif dalam rangka penyusunan dokumen RKP desa.

“Ini dapat dilakukan untuk mengintegrasikan program dan kegiatan pembangunan di tingkat kota dengan pembangunan desa,” katanya.

Untuk itu, Lanjutnya, Kemajuan kabupaten/kota, provinsi maupun Indonesia sangat tergantung dengan pembangunan desa. “Dengan kekuatan dari beberapa sumber seperti yang diatur dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, terutama dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dapat membangun dirinya sendiri,” akuinya.

Ia mengakui, pembangunan di desa harus inline dengan kota, provinsi dan tingkat nasional sehingga rapat ini dapat memberikan pola pikir yang baik bagi para peserta guna pembangunan desa dengan DD dan ADD yang ada. (AT-011).

author