122 SD Gelar Ujian Daring Dan Luring

Saumlaki, ambontoday.com – Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) yang di lakukan secara Asemen Kompetensi Minimum (AKM) pengganti ujian nasional digelar secara serentak se-Indonesia, di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) digelar secara daering dan Luring.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KKT mendampingi Bupati Petrus Fatlolon, Wakil Bupati Agustinus Utwali, Sekretaris Daerah (Sekda) Ruben Moruolkusu dan para asisten, mengunjungi beberapa sekolah guna menyaksikan langsung proses jalannya ujian.

Kepada Ambontoday.com, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KKT, Herman Y Lerebulan katakan “Ujian dalam bentuk AKM ini menjadi acuan untuk kelulusan yang dinilai oleh pihak sekolah masing-masing dengan melihat tiga sisi penilaian yakni Literasi, Numerasi dan Karakter” ujar Lerebulan

Dijelaskan, penilaian dari sisi Literasi, guru mampu menilai siswa dari sisi baca, untuk Numerasi siswa dituntut agar mampu berhitung dan penilaian terakhir yakni karakter siswa semasa menuntut ilmu dibangku pendidikan SD.

Lanjut, Kadis, dari 122 SD yang mengelar ujian, sebagian SD yang berada di Kota Saumlaki menggelar ujian secara Dearing dan untuk SD yang belum difasilitasi jaringan internet menggelar ujian secara Luring.

“Kedepan Kami akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) guna proses pengadaan jaringan internet minimal sepuluh lokasi di sepuluh kecamatan, sehingga mempermudah sekolah-sekolah dalam menyelenggarakan ujian maupun tes kenaikan kelas dalam bentuk Dearing” jelasnya.

Ia berharap, ujian dalam bentuk AKM ini dapat menghasilkan lulusan yang betul-betul sesuai dengan penilaian yang sudah ditetapkan dalam juklis.

Lerebulan menambahkan, proses ujian tatap muka yang digelar sesuai dengan surat keputusan bersama empat Mentri dengan mengedepankan protokol kesehatan, dan itu dilakukan disetiap sekolah yang sementara melakukan proses ujian. (AT/niko)

 

 

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!