13 DOB Asal Maluku Siap Mekar

No comment 333 views

Ambontoday.com, Ambon – Informasi atau penyampaian yang disampaikan oleh Anggota DPR RI dapil Maluku Ibu Fanat bahwa hanya 9 Daerah Otonom Baru (DOB) yang siap untuk dimekarkan bukanya 13.

Hal ini dikonstatir oleh DPD RI dapil Maluku juga Letjen Marinir (Punawirawan TNI) DR. Nono Sampono, M.Si dalam pertemuan bersanya dengan seluruh konsersium 13 DOB yang ada di Maluku dikediamanya, mengatakan bahwa 13 DOB asal Maluku tetap tidak ada perubahan.

“Saya mau sampaikan bahwa 13 DOB yang diusul oleh Pemerintah Provinsi Maluku bersama DPRD itu masih tetap, karena pada tanggal 4 Oktober 2016 kami DPD RI dan seluruh Konsersium asal Indonesia melakukan rapat Pleno guna memutuskan berapa DOB yang harus diusulkan DPD RI ternya dari Maluku masih tetap 13 tidak ada perubahan, bahkan kami dari DPD RI secarah kelembagaan telah mengirimkan surat secara resmi kepada Pa Presiden tertanggal 13 Desember 2016, itu pertandah bahwa untuk Maluku masih tetap 13 DOB” Jelas Sampono.

Waktu dan tempat yang sama, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Maluku Melkias Frans menegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh Ibu Fanat itu, kami tidak mengetahuinya apaka dikatakan langsung oleh beliau atau dikonstatir saja oleh media, ini yang perlu dilihat bersama, jika itu disampaikan secara resmi ya itu menurut Ibu Fanat yang kini sudah roling ke komisi II DPR RI yang juga mempunyai wewenang untuk nantinya membahas akan DOB tersebut.

“Saya kira apa yang di sampaikan oleh Ibu Fanat itu tidak lalu memukur mundur semangat seluruh konsersium untuk lagi tidak bersemangat mempersiapkan berbagai hal guna menyambut pemekaran nanti, saya mau sampaikan bahwa secara resmi kami DPRD Provinsi Maluku khususnya Komisi A belum menerima surat resmi dari pihak DPR RI, DPD RI dan Pemerintah Pusat bahwa hanya 9 DOB asal Maluku yang diterima saja, sehingga sampai saat ini tetap 13 DOB yang asal Maluku tetap dimekarkan, mengingat langkah yang diambil atau dilakukan oleh DPD RI yang menyurati Pa Presiden”Tutur Frans.

Pada prinsipnya pemerintah Provinsi dan DPRD akan tetap mengawal proses ini hingga selesai, baik ditingkat DPR RI maupun Pemerintah Pusat, mengingat DPD RI telah selesai melakukan tugasnya guna menjawab persoalan Rakyat terkait DOB yang merupakan salah satu faktur untuk melepaskan masyarakat dari keterisolasian dan kemiskinan.

Diharpkan juga kepada seluruh Pemerintah Induk Kabupaten yang akan memekarkan DOB untuk dapat memberikan kelonggaran dan kemudaan bagi seluruh konsersium, baik itu dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barta, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan Kabupaten Maluku Barat Daya, Baik itu Bupatinya Maupun dari DPRD setempat, karena keputusan Eksekutif dan Legislatif secara bersama itu sangat dibutuhkan. (AT.007)

Jadilah Orang Pertama share:
author