15 Dokter Baru Lulusan ke-22 Periode Oktober 2021 FK Unpatti Dilantik

15 Dokter Baru Lulusan ke-22 Periode Oktober 2021 FK Unpatti Diambil Sumpah

Ambontoday.com, Ambon.- Sebanyak 15 orang Dokter baru lulusan ke-22 periode Oktober 2021, kembali dilantik dan diambil sumpah hasil dari “rumah produksi” Dokter kebanggan Maluku, Fakultas Kedokteran Unpatti yang dilakukan secara online, Rabu 6 Oktober 2021.

Walau ditengah pandemic Covid-19, namun FK Unpati tetap menunjukan eksistensinya sebagai satu-satunya rumah produksi tenaga Dokter di Maluku saat ini dengan tetap melaksanakan tugas dan fungsi utamanya sembagai lembaga pendidikan yang produktif dan kompetitiv.

Acara pelantikan yang dilakukan secara online tersebut diawali dengan pembacaan hasil yudisium, dilanjutkan dengan pelantikan dokter baru oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpati, DR.dr, Bertha Jean Que, SP.S. M.Kes sekaligus pengambilan sumpah dan janji kedokteran, diikuti penyerahan ke-15 orang Dokter Baru oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, DR. Jusuf Madubun, M.Si kepada Organisasi Ikatan Dokter Indonesia Maluku yang diterima langsung oleh Ketua IDI Maluku, dr.Hendrita Tuanakotta.

Penyerahan ke-15 orang Dokter baru kepada organisasi IDI agar lewat induk organisasi kedokteran itu para dokter baru ini dapat diberdayakan.

Ketua IDI Maluku, dr, Hendrita Tuanakotta saat menerima ke-15 orang dokter baru tersebut menyampaikan, para dokter baru ini diterima oleh orgganisasi dan akan diberdayakan di berbagai Kabupaten/Kota di Maluku.

Pada kesempatan itu, mewakili ke-15 orang Dokter yang baru dilantik, diiringi linangan air mata, dr. Leonard Javerson Sipahelut menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dekan Fakultas Kedokteran bersama jajaran dan dosen yang mana selama ini sudah boleh mnerima, mendidik serta membimbing mereka untuk bisa sampai ke titik sekarang ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti, DR.dr, Bertha Jean Que, SP.S. M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang sudah boleh menyaipkan fasilitas, terimakasih juga kepada Rektor Universitas Pattimura yang sudah boleh memberikan kesempatan kepada ke-15 dokter untuk mengenyang pedidikan selama ini.

Dirinya juga mengucapkan terimaasih kepada Rumah Sakit jejaring, Puskesmas, Basarnas serta sejumlah pihak lain yang turut memberikan kesempatan bagi dan dukungan fasilitas kepada para mahasiswaFK Unpatti dalam menunaikan tugas-tugas akademik mereka.

Juga terimakasih kepada para orang tua yang sudah boleh mempercayakan lembaga pendidikan kedokteran Unpatti untuk mendidik dan membimbing para mahasiswa untuk menjadi tenaga dokter.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada ke lima belas dokter baru yang sudah boleh menyumbangkan nilai kelulusan yang baik yakni 87,5 persen. Karena nilai kelulusan ini turut menentukan quota penerimaan calon mahasiswa di Fakultas Kedokteran kedepan.

Moment pelantikan ini bukan akhir dari semua proses dan perjuangan melainkan awal dari sebuah perjalanan panjang dalam melaksanakan tugas pelayanan sebagai seorang dokter, dan janga pernah berhenti belajar karena ilmu selalu berkembang, seiring kemajuan teknologi sekarang ini,” ungkap Jean.

Dirinya menyampaikan, setelah ini, ke-15 Dokter baru akan menjalani program interenship dari Kemenkes selama satu tahun yang wahananya ditentukan dari Kementerian Kesehatan.

“Usai program interenship, masih ada satu kewajiban lagi yakni mengabdi kepada daerah Maluku sebagai tenaga dokter PTT yang penempatannya akan diatur oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Jangan pilih-pilih lokasi pelayanan, dimanapun saudara-saudara ditempatkan pergi dan mengabdilah dengan penuh rasa tanggungjawab. Jangan ada yang sudah ditetapkan lokasi penempatan musti bilang nanti Tanya kepada orang tua dahulu. Yang seperti itu bukanlah ciri Dokter yang baik, ingat, saudara-saudara harus memegang teguh seumpah dan janji Kedokteran dimana kemanusiaan yang paling diutamakan,” papar Dekan.

Dirinya juga menyampaikan kalau sejak pandemic Covid 19 melanda Maluku tahun 2020, proses pendidikan Klinik sempat terhenti hamper satu tahun. Dan itu bukan Cuma di Indonesia saja melainkan seluruh dunia.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Pattimura, DR. Jusuf Madubun, M.Si, mewakili Rektor menyampaikan selamat kepada ke-15 orang Dokter Baru .

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Kedokteran yang sejak berdiri tahun 2008 sampai saat ini telah berhasil meluluskan sebanyak 236 tenaga dokter.

“Atas nama civitas akademikan Universitas Pattimura, kami sangat mengapresiasi capaian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Unpati. Walaupun ditengah situasi pandemic seperti sekarang ini, Fakultas Kedokteran Unpati terus menunjukan eksistensinya.

Apa yang dilakukan dan dihasilkan oleh Fakultas Kedokteran Unpati selama ini sudah mampu mengangkat nama Maluku bukan hanya di daerah melainkan di Indonesia,” ungkap Madubun.

 

Print Friendly, PDF & Email
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!