20 Personil Kafilah Pulau Manipa Siap Bertarung di Ajang MTQ ke-VIII Kabupaten SBB

Ambontoday.com, Ambon.- Sediktnya 20 orang yang tergabung dalam Kafilah asal Kecamatan Pulau Manipa, Siap Bertarung dalam perhelatan MTQ ke-VIII tingkat Kabupaten SBB yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka, Desa Luhu dan Iha, Kecamatan Huamual 25 -29 Januari 2019.

Ketua Kontingen MTQ Kecamatan Kepulauan Manipa, Abdu Karim Lausepa, SHi, kepada media ini Jumat 25 Januari 2019 lewat sambungan telepon seluler mengatakan, jumlah peserta atau Kafilah yang datang dari Kecamatan Kepulauan Manipa sebanyak 20 peserta dan didampingi oleh 10 pendamping.

Lausepa menambahkan, 20 Kafila tersebut terlibat pada 8 mata lomba yakni, Tartil Qur’an tingkat anak-anak Putera dan Puteri, Tilawah tingkat anak-anak putera dan puteri, Tilawah remaja puteri, Tilawah dewasa putera dan puteri, Hafiz Qir’an puteri, Sahril Qur’an putera dan puteri, dan Fahmil Qur’an tingkat putera dan puteri.

“Dari 20 orang peserta yang kita datangkan ke kecamatan huamual untuk mengikuti MTQ VIII tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat sebelumnya telah kita melalui tahapan seleksi pada setiap generasi muda Islam di 6 Negeri yang ada di Pulau Manipa.

Dari hasil seleksi, 20 anak yang terpilih sebagai peserta lomba MTQ, dan 20 peserta atau Kafilah ini telah kita bina pada setiap mata lomba yang akan mereka ikuti, dan alhamdulillah proses pembinaan yang berlasung selama 40 hari itu akhirnya bisa terlaksana dengan baik dan mereka bisa terlibat sebagai kontingen MTQ VIII mewakili kecamatan Kepulauan Manipa,” jelas Lausepa.

Lebih lanjut kata Ketua Kontingen Manipa yang biasa disapa Imbo, keterlibatan generasi muda Islam Pulau Manipa pada MTQ VIII tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat ini, merupakan yang pertama kali sejak Kabupaten ini lahir, sehingga baginya, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, kepada masyarakat Pulau Manipa.

“Ini merupakan sebuah Rahmat dari Allah kepada masyarakat Manipa, untuk kedepan proses baca tulis Al-Qur’an harus diperhatikan, agar orang tidak memandang masyarakat Manipa dengan sebelah mata saja.

Kita tunjukan kalau Pulau Manipa juga memiliki generasi muda Islam yang siap di perlombakan dalam ivent MTQ,” katanya.

Menurutnya, selama ini, Pemerintah Daerah kurang memperhatikan Kecamatan Kepulauan Manipa dalam bidang keagamaan, salah satunya adalah pembentukan LPTQ.

Untuk itu Lausepa, meminta kepada Pemkab SBB agar lembaga LPTQ harus di bentuk di Kepualauan Manipa agar mereka dapat meningkatkan semangat generasi muda Islam dalam momentum MTQ atau kegiatan keagamaan lainnya.

Dirinya juga berharap, Kontingen Pulau Manipa yang didampinginya dapat menjadi generasi muda Islam yang baik, membentuk pribadi yang cinta dan peduli terhadap Qur’an serta bertanggung jawab pada setiap tugas yang diberikan, terutama pada materi lomba yang sudah ditentukan pada perlombaan ini. (AT-008)

Jadilah Orang Pertama share:
author