2022 KKT Ditetapkan Sebagai Lokus Stunting di Promal

Saumlaki, ambontoday.com – Ketua tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga TP – PKK Joice Penturi/Fatlolon dalam sambutannya di desa Fursuy dalam rangka penilaian lomba 10 program PKK tingkat kabupaten menuturkan, daerah kepulauan tanimbar di tahun 2022 ditetapkan sebagai salah satu lokus stunting di Provinsi Maluku (Promal) Sabtu, (2/10).

Walaupun masih di tahun 2022 namun sudah menjadi perhatiaan dari TP – PKK yang bersinergi dengan pihak pemerintah daerah guna mengambil langkah – langkah nyata bagi pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Data yang diperoleh dinas teknis yakni dinas kesehatan, dari tiga belas desa lokus stunting se KKT terdapat tiga desa yang berada di Kecamatan selaru di antaranya desa Fursuy, Werain dan desa Eliasa tambahnya.

“Stunting adalah kondisi gagal tumbuh seorang anak akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama sejak seribu hari pertama kehidupan janin di dalam kandungan seorang ibu,” jelasnya.

Upaya menekan angka stunting di KKT lebih khusus di kecamatan selaru ini, pemerintah telah bekerja sama dengan TP – PKK lewat pemberian makanan tambahan PMT yang dilaksanakan setiap bulan sekali pada waktu posyandu bagi bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui serta lansia. Anggaran PMT sudah di siapkan bupati di setiap desa.

Harapannya bagi kita semua wajib memperhatikan anak – anak kita dalam menjalani kehidupan yang normal di masa pertumbuhannya secara bertahap dengan pemberian asupan gizi yang cukup sehingga bisa menekan atau mengurangi angka stunting di kepulauan tanimbar tercinta ini tandasnya. (AT/Sony) 

 

Print Friendly, PDF & Email
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!