233 Peserta Dari Maluku Ikut Audisi LIDA

Ambon, ambontoday.com- Sebanyak 233 peserta dari Provinsi Maluku mendaftarkan diri untuk mengikuti audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2 yang diadakan di Hotel Amans, Minggu (9/12/).

Agustianita Damayanti Selaku salah satu penyelenggara LIDA 2 mengatakan, peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Pasalnya, pada tahun ini tidak ada batasan kuota yang disediakan oleh pihak Indosiar.

“Dari tadi pagi memang sudah lumayan panjang antriannya kalau untuk dibandingkan dengan tahun sebelumnya sepertinya tahun ini jauh lebih banyak, jauh lebih rame dibandingkan sebelumnya. berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kita tidak membatasi jumlah kuota yang akan berangkat ke jakarta,” ujarnya.

Menurutnya, untuk audisi kali ini, pihaknya lebih melihat pada kualitas suara maupun potensi yang dimiliki oleh peserta. Dan tidak menutup kemungkinan banyak dari Maluku yang akan lolos hingga ke panggung LIDA 2 di Jakarta.

“Jadi kita lihat potensi terbaiknya dari maluku ada berapa misalnya ada 3 yang terbaik 3 berangkat kalau misalnya 5 yang terbaik 5 yang berangkat nanti kita lihat potensi terbaiknya dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya,” tuturnya.

Untuk audisi LIDA 2 sendiri terdiri dari dua tahap yakni, pada tahap Pre-Cast dan Video Booth. Tahap Pre-Cast peserta akan menampilkan potensi yang dimiliki tanpa diiringi dengan alat musik dan dinilai langsung oleh juri untuk lolos atau tidak pada tahap Video Booth.

Sedangkan untuk tahap Video Booth akan diikuti oleh peserta yang lolos pada tahap Pre-Cast dan peserta akan diiringi oleh musik maupun kamera yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

“Nanti di ruang pre-cast kalau ada yang lolos akan ada di video booth jadi di ruang video booth itu ada kamera ada alat musiknya langsung jadi seolah-olah sama seperti di studio nyanyinya. jadi nanti kita akan preview lagi di jakarta peserta mana yang terbaik suaranya,” tambahnya.

Namun, Damayanti mengungkapkan, banyak peserta biasanya gagal pada tahap Video Booth karena grogi dan tidak terbiasa tampil di depan kamera. “Tapi banyak yang gagal di video booth karena grogi terus suaranya bergetar padahal sudah lolos dari tahap sebelumnya,” terangnya.

Ditambahkan, untuk peserta yang lolos akan diumumkan pada tanggal 7 januari 2019 mendatang dan langsung berangkat ke Jakarta. Dan diharapkan, dari Maluku bisa diperoleh duta dangdut terbaik sehingga dapat tampil di Liga Dangdut di Jakarta hingga Asia.

“Harapannya maluku bisa dapat duta terbaik bisa terus berlanjut di panggung liga dangdut bahkan sampe ke asia,” tutupnya. (AT-011)