250 Orang Ikut Musrembang RKPD Kota Ambon Tahun 2019

 

Ambon, Ambontoday.com– Sebanyak 250 orang yang terdiri dari pimpinan SKPD dan ASN lingkup Pmerintah Kota Ambon mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ambon Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Oemerinrah Kota ambon melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kota Ambon, yang berlangsung di Hotel Marina, Rabu (21/3).

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyepakati program prioritas daerah Kota Ambon secara bersama bagi seluruh SPKD yang ada di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Dalam sambutan Walikota Ambon, Ricard Louhenapessy mengatan, Musrembang ini merupakan upaya untuk mewujudkan pembangunan daerah Kota Ambon yang berkesinambungan.

“Seluruh perencanaan ini untuk mewujudkan visi Pmerintah Kota Ambon lima tahun kedepan,” katanya.

Ia mengatakan, kebijakan pembangunan Kota Ambon Tahun 2019 dilakukan dengan tema dan terfokusnya kepada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan merujuk tahun wisata Tahun 2020.

“Kita berharap 2020 ini Ambon sudah bisa masuk sebagai salah satu tujuan Deatinasi dari Kementerian Pariwisata,” katanya.

Ia mengakui, RKPD Kota Ambon Tahun 2019 adalah untuk mengarahakan pembangunan kota dan pencapaian visi misinya berjalan secara terfokus.

“Sejalan dengan itu tema pembangunan Pemerintah Kota Ambon Tahun 2019 diprioritas pada pemenuhan dasar masyarakat melalui Standar Pelayanan Minumun (SPM) daerah dan wujud nyata Ambon kota Wisata Tahun 2020,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, memenuhi SPM dilakukan dalam bentuk pendidikan untuk semua, kesehatan yang berkelanjutan, pekerjaan umum dan penataan ruang yang berkualitas, perumahan dan kawasan pemukiman yang layak, ketentraman, ketertiban dan perlindungan umum bagi masyarakat yang berkelanjutan serta kesetaraan sosial yang berkelanjutan.

“Adapun prioritas untuk mengubah SPM Pendidikan untuk semua diantaranya pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan kesetaraan,” jelasnya.

Selain itu, guna mengembangkan SPM daerah sebagai perioritas pembangunan Kota Ambon Tahun 2019 diarahkan untuk membawa Kota Ambon menuju Tahun tujuan wisata pada tahun 2020 mendatang.

“Ini didorong meskipun Kota Ambon adalah kota yang kecil tetapi memiliki kedamaian yang besar dan dikenal secara meluas,” tuturnya.

Ia berharap, setiap perangkat daerah terus bekerja dan secara terukur. “Jadi kegiatan Musrembang ini dilakukan pada hari rabu dengan memakai baju putih yang merupakan simbol dari Presiden RI adalah kerja dan kerja,” akuinya.

Lanjutnya menambahkan, RKPD Kota Ambon Tahun 2019 merupakan forum antar pemangku kepentingan di Kota Ambon untuk melakukan penyelarasan , klarifikasi dan kesepakatan terhadap sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta rencana program dan kegiatan yang disertai indikator dan objek kinerja serta kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kota Ambon Tahun 2019. (AT-009/011)

Jadilah Orang Pertama share:
author