29 Desember 2017 OJK Ambil Ahli Fungsi SLIK Dari BI

Ambon, Ambontoday.com – Secara resmi pada tanggal 29 Desember 2017 di Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan mengambil ahli fungsi pengaturan, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi prekeditan dari Bank Indonesia (BI) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini diakui oleh Kepala OJK Provinsi Maluku, Bambang Hermanto dalam Konferensi Pers Bersama OJK Provinsi Maluku dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Selasa (9/1/2017) di Kantor OJK Provinsi Maluku.
Dikatakan, pengalihan fungsi pengaturan, pengembangan fan pengelolaan sistem informasi perkreditan telah melalui mas transisi sejak 31 Desember 2013, yang mana pelaporan Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikelola BI dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola OJK secara pararel selama periode April sampai Desember 2017.
“Dengan pengalihan fungsi tersebut, BI menghentikan operasional dan layanan SID kepada seluruh pelapor SID dan masyarakat sejak 31 Desember 2017, selanjutnya pengelolaan sisitem informasi perkreditan hanya dilaksankan oleh OJK melalui SLIK yang telah diimplementasikan secara penuh mulai 1 Januari 2018,” jelasnya.
Menurutnya, pengalihan fungsi pengelolaan sistem informasi kredit kepada OJK tidak akan mengurangi pelatanan yang selama ini telah dilakukan sebelumnya oleh BI.
“Dengan ini, masyrakat dan nasabah serta pemilik dana tetap akan mendaoatkan akses informasi pendanaan yang inklusif, murah dan mudah serta memperhatikan prinsip kehati-hatian termasuk untuk mendukung kebijakan dan pengambilan keputusan lembaga negar dan pemerintahan lainnya,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinis Maluku, Bambang Pramasudi mengakui, bedasarkan data yang dihimpun BI Provinsi Maluku telah melayani sejumlah masyakat yang memerlukan informasi kredit. “Total individu yangcmemanfaatkan layanan SID sepama tahun 2017 tercatat sebanyak 71 kunjungan,” katanya.
Untuk itu, lanjutnya mengatakan, masyarakat yang ingin mendapatkan informasi mengenai SLIK OJK dan informasi kredit nasabah atau debitur individual bisa langsung mengunjungi kantor OJK Provinsi Maluku yang sudah menyiapkan ruangan khususn untuk melayani permintaan informasi debitur perbankan dan layanan jasa keuangan lainnya.
“SLIK merupakan infrastruktur penting di sektor jasa keuangan yang daoat digunakan oleh pelaku industri untuk mitigasi resiko, khususnya resiko kredit sehingga dapat membantu menurunkan tingkat resiko kredit bermasalah,” tuturnya.
Dia berharap, keberadaan SLIK yang diahlikan ke OJK mampu mendukung perluasan akses kredit atau pembiayaan di Provinsi Maluku. (AT-009)
Jadilah Orang Pertama share:
author