30 Siswa SMA Negeri Siwalima Ambon Diberangkatkan Ikut Tahapan Wawancara Untuk Studi Lanjutan Ke Rusia

Ambontoday.com, Ambon.- Sebanyak 30 Siswa SMA Negeri Siwalima Ambon Senin 21/1/2019 pagi, dilepas oleh Pengawas Pembina, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,  untuk mengikuti tahapan interview di Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta.

Hal ini disampaikan Kabag Humas, SMA Negeri Siwalima  Ambon, Wiwing Musi, S.Pd, M.Si  kepada wartawan usai pelepasan keberangkatan 30 siswa itu.

Menurutnya,  sebelum pelaksanaan interview ini, ke-30 siswa ini telah lolos tahapan seleksi Administrasi, dan  setelah mengikuti tahapan interview ini para siswa akan menunggu hasil akhir apakah mereka lolos atau tidak untuk melanjutkan kuliah di Rusia.

“Sebelum mengikuti tahapan interview, para siswa sudah melewati tahapan administrasi dan pemberkasan data siswa belum lama ini. Dari seleksi administrasi tersebut 30 siswa ini dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan wawancara di Jakarta.

Tahapan wawancara atau interview ini sendiri akan berlangsung selama dua hari di pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta, setelah selesai, para siswa akan kembali sambil menunggu hasil seleksi tersebut sambil mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional,” jelas Wiwing.

Dirinya menambahkan, sistim seleksi yang dilakukan disesuakian dengan jurusan atau minat dan bakat siswa.

Hasil dari program kerjasama yang sudah berlangsung sejak tahun 90 an terus meningkat dan ini tergambar dari jumlah siswa SMA Negeri Siwalima yang lolos mengikuti program kerjasama ini dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan dari sisi jumlah.

“Dari tahun ke tahun ada peningkatan siswa yang lolos mengikuti seleksi dan menjalani proses kuliah di Rusia. Tahun 2018 kemarin jumlah siswa yang lolo sebanyak 13 orang dan tahun ini meningkat menjadi 30 orang, dan kami berharap 30 siswa yang baru saja berangkat pagi tadi seluruhnya lolos,” ungkap Musi.

Dirinya sangat bangga kalau anak didiknya berani untuk belajar di Rusia, karena ketika sampai disana salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah berbeda budaya, iklim dan lainnya sehingga membutuhkan penyesuaian diri bagi para siswa SMA Siwalima. (AT 008)

Jadilah Orang Pertama share:
author